Dinparta Manfaatkan Tembiring Creative  Fun Jadi Wadah Promosi Seni Budaya Demak

Dinparta Manfaatkan Tembiring Creative  Fun Jadi Wadah Promosi Seni Budaya Demak

BERGAYA: Seorang model mengenakan busana motif batik khas Kabupaten Demak yang dirancang oleh desainer lokal dalam gelaran Tembiring Creative Fun. (M. Burhanuddin Aslam/Lingkar.news)

DEMAK, Lingkar.news Salah satu upaya Dinas Pariwisata Demak mempromosikan wisata dan segala komponen seni budaya di Kota Wali yakni melalui panggung kesenian Tembiring yang biasanya dilaksanakan setiap minggu pagi di kawasan parkir wisata Tembiring Jogo Indah.

Kegiatan itu kemudian dikenal dengan Tembiring Creative Fun (TCF). Melalui panggung kesenian ini, Dinparta Demak kerap berkolaborasi untuk menyemarakkan event Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Demak maupun acara hiburan lainnya.

Berbagai kearifan budaya lokal yang kerap dibawakan di Tembiring Creative Fun di antaranya kesenian barongan, sendratari, cerita rakyat, tarian khas Demak dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk memasifkan promosi seni budaya dan potensi di Kabupaten Demak, Dinparta juga menginisiasi Tembiring Creative Fun Roadshow.

“Kegiatan TCF Roadshow diadakan Dinparta berkolaborasi dengan event-event besar yang ada di Kabupaten Demak. Selain memperkenalkan potensi wisata yang diharapkan kegiatan TCF juga bisa menghibur masyarakat. Maka kegiatan TCF Roadshow mulai berpindah di setiap acara yang ada untuk menambah jangkauan,” terang Kabid Pengembangan Produk Obyek Daya Tarik Wisata Dinparta Demak, Masluroh. 

Uji Masterplan Segitiga Emas Wisata Demak, Dinparta Minta Stakeholder Beri Masukan

Masluroh berharap kegiatan TCF mampu menjadi wadah yang tepat untuk seluruh masyarakat Demak dalam mengekspresikan seni dan kreativitasnya. 

Upaya Dinparta Demak pun berbuah manis, kegiatan TCF ini berhasil mendapatkan juara satu ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award ke-8 Tahun 2023 dengan kategori Destinasi Kreatif Terbaik. 

API Award merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan sebagai upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak pemerintahan maupun swasta dalam mempromosikan serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Endah Cahya Rini berharap pariwisata yang ada di Kabupaten Demak bisa lebih di kenal oleh kalangan masyarakat baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Semoga pariwisata di Kabupaten Demak bisa semakin berkembang dan dikenal seluruh masyarakat,” harapnya. (Lingkar Network | M. Burhanuddin Aslam – Lingkar.news)

Exit mobile version