Layani Pemudik, Puskesmas di Kudus Disiagakan 24 Jam

Layani Pemudik, Puskesmas di Kudus Disiagakan 24 Jam

FASILITAS KESEHATAN: Puskesmas Jekulo merupakan fasilitas kesehatan yang berada di jalur mudik di Jalan Kudus-Pati, Jawa Tengah. (Istimewa/Lingkar.news)

KUDUS, Lingkar.news – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Andini Aridewi mengungkapkan, seluruh puskesmas yang berada di jalur mudik di pantai utara (pantura) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, disiagakan selama 24 jam untuk melayani pemudik Idul Fitri 1444 Hijriah yang dimungkinkan membutuhkan perawatan.

“Rencananya pada hari Lebaran 2023 semua puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap dan UGD disiagakan selama 24 jam, termasuk yang berada di jalur mudik,” tuturnya di Kudus, pada Senin, 17 April 2023.

Untuk puskesmas yang berada di jalur mudik, tambahnya, ada dua Puskesmas, yakni Puskesmas Jekulo dan Puskesmas Kaliwungu disiagakan selama 24 jam.

Sementara puskesmas lain yang juga disiagakan selama 24 jam, yakni Puskesmas Rejosari, Dawe, Mejobo, Jepang, Tanjungrejo, Sidorekso, Undaan, dan Gribig.

2 RSUD dan 21 Puskesmas Kulon Progo Disiagakan 24 Jam selama Mudik Lebaran 2023

Selain itu, lanjutnya, masing-masing pos pengamanan (pospam) yang berada di jalur mudik juga terdapat petugas kesehatan yang dilibatkan.

Apabila membutuhkan tindakan medis lanjutan, maka sudah ada sejumlah rumah sakit rujukan di Kudus, terutama RSUD Kudus.

Sebelumnya Dinkes Kudus juga sudah memberitahukan kepada rumah sakit umum se-Kabupaten Kudus, rumah sakit ibu dan anak di Kabupaten Kudus serta Puskesmas maupun laboratorium kesehatan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat selama libur Lebaran.

Di antaranya, rumah sakit umum diminta siaga selama 24 jam untuk rujukan kasus kegawatdaruratan dan penanganan pasien covid-19 selama kegiatan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Demikian halnya UPTD Puskesmas diminta memberikan pelayanan kesehatan dan evakuasi bagi masyarakat yang mengalami masalah kesehatan karena kegiatan menjelang, pada saat dan sesudah Lebaran.

Sementara UPTD puskesmas rawat inap memberikan pelayanan kesehatan 24 jam bagi masyarakat selama bulan Ramadhan, libur hari raya dan cuti bersama Lebaran.

Sedangkan UPTD puskesmas rawat jalan dan UPTD Laboratorium Kesehatan tetap memberikan pelayanan saat cuti bersama Idul Fitri 1444 H tanggal 19-21 April 2023 serta tanggal 24-25 April 2023. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

Exit mobile version