Hari Jadi Demak Digelar Sederhana Pasca Banjir, Bupati Ajak Bangkit dan Bergandeng Tangan

Hari Jadi Demak Digelar Sederhana Pasca Banjir, Bupati Ajak Bangkit dan Bergandeng Tangan

TABUR BUNGA: Bupati Demak Eisti’anah saat ziarah di makam pendiri Kabupaten Demak, pada Rabu sore, 27 Maret 2024. (Muhammad Burhanuddin Aslam/Lingkar.news)

DEMAK, Lingkar.news – Bupati Demak Eisti’anah mengatakan bahwa, tidak banyak rangkaian acara yang digelar untuk memperingati Hari Jadi ke-521 Kabupaten Demak, karena bertepatan dengan bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Selain itu, mengingat saat ini Kabupaten Demak, Jawa Tengah sedang dalam proses pemulihan usai mendapatkan musibah banjir.

Maka, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak menggelar peringatan Hari Jadi ke-521 Kabupaten Demak secara sederhana yaitu dengan melaksanakan selametan (syukuran) di Pendopo Kabupaten Demak kemudian dilanjutkan ziarah ke Makam Sultan Fatah, pada Rabu, 27 Maret 2024.

“Hari Jadi Demak ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, sehingga tidak banyak rangkaian dalam perayaan Hari Jadi Demak,” kata Bupati Demak, Eisti’anah usai ziarah ke makam pendiri Kabupaten Demak, pada Rabu sore, 27 Maret 2024.

Menurut Bupati Eisti’anah, ziarah makam menjadi sebuah tradisi bagi Pemkab Demak di setiap tahun untuk meminta izin meneruskan perjuangan memimpin Demak.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Eisti’anah ziarah ke makam para pendiri Kabupaten Demak yaitu Sultan Fatah, Raden Pati Unus, Sultan Trenggono.

“Dan tentunya sebagai budaya yang menjadi generasi penerus. Kami izin sowan kepada para pendiri Kabupaten Demak yakni Sultan Fatah, Raden Pati Unus, Sultan Trenggono ini izin untuk kami melanjutkan perjuangan beliau,” terang Bupati Eisti’anah.

Bupati Eisti’anah juga mengatakan ada beberapa kegiatan yang dibatalkan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-521 Kabupaten Demak yang digelar pada tahun ini.

Mengingat, Kabupaten Demak saat ini sedang mendapatkan musibah banjir yang menggenangi 13 Kecamatan. Sehingga menurut Bupati, tidak etis jika merayakan Hari Jadi Demak dengan suka cita.

“Kita juga baru saja mendapatkan musibah dan sedang dalam pemulihan, tentunya tidak etis jika kita merayakan hari jadi ini dengan suka cita, tetapi rasa evaluasi dan instropeksi diri dan semangat untuk bangkit dan bergandengan tangan untuk terus kuat menyejahterkan masyarakat dan menjadikan Kabupaten Demak ini lebih baik lagi ke depanya,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa, pihaknya akan menggelar sholawatan bersama masyarakat pada bulan depan.

“Namun, pada Bulan April 2024 mendatang itu ada Sholawatan bersama masyarakat, ini sebagai wujud syukur bahwa Demak sudah memasuki usia 521 tahun,” sambungnya.

Hari Jadi ke-521 Demak tahun ini mengusung tema “Semangat Kuat Melangkah Pasti, Menuju Demak Bermartabat, Maju dan Sejahtera,”.

Bupati Eisti’anah berharap agar Kabupaten Demak ke depan aman dari segala musibah.

“Kami harap ke depan Demak aman dari segala musibah sekaligus menjadi lebih baik,” harapnya. (Lingkar Network | Muhammad Burhanuddin Aslam – Lingkar.news)

Exit mobile version