Bupati Demak Harap OPD Komitmen Tingkatkan Program Smart City

Bupati Demak Harap OPD Komitmen Tingkatkan Program Smart City

BERSINERGI: Bupati Demak Eisti'anah (kiri no 3) beserta para pimpinan OPD termasuk Kepala Dinkominfo Demak, Endah Cahyarini (kanan no 1) foto bersama usai penandatanganan komitmen bersama, di Gedung Grahadika Bhina Praja, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. (Muhammad Burhanuddin Aslam/Lingkar.news)

DEMAK, Lingkar.news – Seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak, berkomitmen untuk meningkatkan 6 program Smart City untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi.

Para pimpinan OPD secara bergilir menandatangani komitmen bersama Bupati Demak Eisti’anah, di Gedung Grahadika Bhina Praja, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

“Kami harap para OPD berkomitmen dan terus berkolaborasi di tingkat pelayanan kepada masyarakat tentunya yang lebih mudah, murah, dan cepat. Kita juga harap semua pihak bisa memaksimalkan program smart city,” kata Bupati Eisti’anah, pada Senin, 5 Februari 2024.

Terkait dengan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Kategori Informatif, pihaknya menjelaskan bahwa penghargaan tersebut bentuk apresiasi Pemkab Demak kepada OPD yang telah menjadi pelopor dan penggerak KIP.

“Semoga penghargaan ini tidak hanya menjadi simbol saja, namun bisa menjadi penyemangat akses lebih luas kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi-informasi tentang kebijakan publik, berkaitan anggaran, dan program-progam dari Pemkab Demak,” jelasnya.

TANDA TANGAN KOMITMEN BERSAMA: Kepala Dinkominfo Demak, Endah Cahyarini saat menandatangani sebuah komitmen bersama OPD lainnya. (Muhammad Burhanuddin Aslam/Lingkar.news)

Lebih lanjutnya, penghargaan KIP diharapkan bisa menjadi dorongan bagi semua pihak untuk berperan aktif dalam menjaga dan meningkatkan KIP di wilayah Demak.

“Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan lingkungan sosialnya. Kemudian memperoleh, menyimpan, dan mengolah informasi menggunakan jenis saluran yang tersedia. Artinya, setiap Badan publik harus menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat secara akurat dan benar,” ujarnya.

Pihaknya juga menambahkan bahwa, program smart city di Kabupaten Demak semakin tahun mengalami kemajuan.

“Semakin tahun semakin baik. Ke depannya kita ingin mencapai indeks penilaian ‘memuaskan’. Saat ini kita masih di posisi sangat baik. Terkait beberapa kendala, mungkin nanti akan dikoordinasikan lagi agar lebih kompak dan semakin baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Demak, Endah Cahyarini menilai perkembangan smart city di Kabupaten Demak sangat baik.

Sebelumnya Demak juga meraih penghargaan di tingkat nasional dalam dua tahun berturut-turut.

“Perkembangan Demak termasuk bagus, seperti smart city. Kemarin kita mendapat penghargaan 2 tahun berturut-turut dan mungkin hanya Demak, satu-satunya Kabupaten yang mendapatkan karena yang lainya Kota, itu Nasional,” kata Endah Cahyarini.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Kominfo RI atas implementasi program smart city terbaik kategori smart living dengan inovasi aplikasi Cengkraman Mata Elang (CME).

“Kemudian di bidang kerjasama pariwisata dengan otoritas program pariwisata nasional. Itu untuk smart city,” pungkasnya. (Lingkar Network | Muhammad Burhanuddin Aslam – Lingkar.news)

Exit mobile version