Sejarah, Resep dan Rekomendasi Pie Susu Oleh-Oleh Khas Bali

Sejarah, Resep dan Rekomendasi Pie Susu Oleh-Oleh Khas Bali

TERSAJI: Pie Susu. (Instagram @ulvinaya/Lingkar.news)

Lingkar.news – Pie Susu banyak dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh dari Bali. Tidak lengkap rasanya, jika kita liburan di Bali, tanpa membeli oleh-oleh pie susu bali. Meski begitu, pie susu ternyata bukanlah makanan asli orang Bali. Bagaimana sejarah pie susu? Yuk Simak sejarahnya berikut ini.

Sejarah Pie Susu

Dilansir dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset , dan Teknologi (Kemdikbud) tentang multikulturalisme makanan Indonesia, pie susu merupakan makanan Indonesia yang sebenarnya bukan makanan asli dari Indonesia.

Pie susu pertama kali diperkenalkan oleh Tengs Cha Chaan pada tahun 1940-an di Hongkong. Pertama kalinya, pie susu dibuat untuk menyaingi restoran dim sum yang sangat terkenal. Tak lama kemudian, pie susu dijual di kafe dan toko-toko roti Barat dan Eropa.

Pada tahun 1950-an sebuah restoran yang menjual pie-susu mini meraup keuntungan yang melimpah. Semenjak itu jumlah restoran yang menjajakan pie susu makin masif.

Konon, pie susu Hongkong sebenarnya juga telah mengadaptasi makanan tart custard dari Inggris. Hal ini karena, Hongkong merupakan negara bekas jajahan Inggris sehingga mengalami akulturasi budaya juga.

Beberapa waktu kemudian, pie Hongkong terkenal dengan berbagai varian rasa, misalnya madu telur, pie cokelat, pie teh hijau, dan pie jahe.

Sementara itu, pie susu yang berasal dari Portugis dikenal dengan nama pastel de nata. Kemudian, makanan ini dibawa dan dikenalkan ke Hongkong oleh koloni Portugis yang berada di Makau.

Konon, pastel de nata ini dibuat pertama kali sekitar lebih dari dua ratus tahun lalu oleh suster Katolik.

Perbedaan Pie Susu Hongkong, Portugis, dan Bali

Kira-kira apa perbedaan dari pie susu Hongkong, Portugis, dan Bali? Nah, perbedaan yang mendasar antara pie susu Hongkong dan pie susu Portugis, yakni pada pinggiran pie susu.

Hongkong lebih memilih menggunakan pinggiran puff pastry, sedangkan Portugis berupa shortcrus pastry.

Sementar, pie susu Bali bentuknya mirip dengan shortcrust pastry Postugis. Namun, isi pie susunya berupa ess custard yang mirip dengan Hongkong.

Resep Pie Susu

Berikut ini ada resep pie susu yang bisa kamu coba di rumah. Resep ini telah dibagikan oleh akun Instagram @vuvapooshop. Selamat mencoba.

Bahan Filling

1. Bahan A:

2. Bahan B:

3. Cara membuat:

Bahan Crust pie

Cara membuat:

  1. Kocok dengan mixer butter, margarin dan gula halus hingga rata kurang lebih selama 3-5 menit.
  2. Masukan kutel, kulit lemon lalu aduk dengan spatula hingga rata.
  3. Masukkan terigu aduk hingga rata dengan spatula.
  4. Bungkus adonan dengan plastik dan diamkan selama 30 menit di dalam kulkas
  5. Setelah 30 menit, cetak dengan cetakan pie.
  6. Isi dengan isian fla, jangan sampai penuh, ya
  7. Panggang hingga matang. Pie susu siap disajikan.

Rekomendasi Pie Susu Bali

Setelah kita tahu asal usul dan cara membuat kue pie susu, kita jadi tahu pie susu bali mengandung bahan – bahan yang bergizi, tentunya saat kita berlibur di pulau dewata kita harus beli oleh – oleh khas bali yang satu ini.

Tapi Kita harus tahu mana pie susu bali yang benar – benar enak dan patut di coba, Nah, Kamu dapat menilik Rekomendasi Pie Susu Bali yang beredar di pasaran melalui web blog.cove.id. Disitu ada banyak referensi kue pie susu bali yang patut kamu coba.

Tentunya dengan oleh – oleh yang berkualitas dan enak pasti akan menambah pengalaman travelling kita menjadi lebih bermakna. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version