Klaim HAKI CFW Memancing Gubernur Jabar Ridwan Kamil Buka Suara, Ini Kritik Pedasnya untuk Baim Wong

Klaim HAKI CFW Memancing Gubernur Jabar Ridwan Kamil Buka Suara, Ini Kritik Pedasnya untuk Baim Wong

Baim Wong bersama Direktur Utama Sarinah, Fetty Kwartati meninjau lokasi Sarinah. (Instagram @baimwong/Lingkar.news)

Lingkar.news – Baim Wong dan Paula Verhoeven yang memutuskan untuk mendaftarkan Citayam Fashion Week (CFW) ke Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Hukum dan HAM RI disemprot oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Diketahui, Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kemenkumham pada tanggal 20 Juli 2022 atas nama PT. Tiger Wong Entertainment yang mengajukan permohonan, dan dengan nomor pendaftaran JID2022052181.

Melalui akun Instagram miliknya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyayangkan sikap Baim Wong tersebut. Selain itu, Ridwan Kamil juga meminta agar Baim Wong mencabut pendaftaran HAKI CFW.

Berikut ini merupakan unggahan Ridwan Kamil di akun Instagram miliknya yang memprotes sikap Baim Wong:

“Dear Baim Wong dkk, Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula. Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” tulis Ridwan Kamil pada Senin, 25 Juli 2022.

Ridwan Kamil menyatakan jika hal tersebut diformalkan atau dimewahkan oleh orang dari luar komunitas, maka maksud dan tujuan semula akan hilang. Ia pun ingin agar CFW tetap ada tanpa campur tangan siapapun termasuk negara.

“Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture. Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh,” tambahnya.

Ridwan Kamil juga menyarankan bahwa jika diorganisasikan, akan lebih baik mereka saja yang mengorganisasikan, dan komunitas mereka juga yang akan menjadi pengurusnya, bukan orang dari luar. Tak lupa, di akhir unggahan Ridwan Kamil juga menuliskan saran agar Baim Wong mencabut pendaftaran CFW ke Kemenkumham.

“Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur. Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda. Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya. Hatur Nuhun,” tutupnya dengan menyertakan video reels yang menampilkan pemberitaan Baim Wong yang mendaftarkan CFW ke Kemenkumham.

Berdasarkan update informasi terbaru, Baim Wong akhirnya akan mencabut pendaftaran HAKI atas merek Citayam Fashion Week. Hal ini diumumkan melalui Channel YouTube miliknya.

“Memang kita mau melepaskan (Citayam Fashion Week), karena saya tidak mau menjadi seperti ini,” ucapnya Baim Wong pada Selasa 26 Juli 2022.

Dirinya pun meminta maaf usai mendapat kritikan . Baim Wong mengaku sadar bahwa aksinya itu menuai keributan di media sosial.

“Mungkin salah saya saat awalan, harusnya saya agak mengerti ya ini adalah domain publik. Maaf,” ucapnya.

Apalagi, dirinya dan istrinya, Paula Verhoeven disebut ingin mengambil untung dari Citayam Fashion Week.  Dirinya juga mengaku, bahwa tidak ingin ada masalah yang berlanjut.

“Saya juga niatannya nggak sampai ke sana sama sekali bukan mengambil untung,” ujarnya. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version