Resep Sop Konro, Makanan Tradisional Khas Makassar yang Legendaris

Resep Sop Konro, Makanan Tradisional Khas Makassar yang Legendaris

TERSAJI: Sop Konro. (Instagram @dewi.mahardika/Lingkar.news)

Lingkar.news – Sop konro adalah masakan berkuah dengan bahan dasar tulang iga berbalut daging dan berbumbu rempah-rempah.

Dilansir dari laman Portal Informasi Indonesia, Sop konro adalah hidangan wajib bagi masyarakat di Kota Makassar. Konon, sop konro berawal dari daging kerbau, di mana saat ritual masyarakat akan memotong kerbau kemudian bagian tulang dimasak dengan bumbu sederhana. 

Awal tahun 90-an, masyarakat Makassar baru mempopulerkannya dengan daging sapi. Sebelumnya, masyarakat lebih mengenal daging kerbau untuk diolah dalam berntuk makanan berkuah.

Untuk membuat sop konro, kamu bisa mengikuti resep di bawah ini yang telah dibagikan oleh akun Instagram @dewi.mahardika. Yuk, simak resepnya berikut ini.

Bahan:

Bumbu Halus:

Cara Membuat:

  1. Rebus air hingga mendidih. Masukkan potongan iga dan rebus hingga iga lunak. Buang kotoran yang mengapung di permukaan air. Jika air berkurang dan iga belum empuk, tambahkan air panas dan rebus hingga iga benar-benar empuk. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daun salam, lengkuas, dan bawang merah iris. Aduk dan tumis hingga daun salam layu. Matikan api.
  3. Tuangkan tumisan bumbu ke dalam rebusan iga. Masukkan kayu manis, cengkeh, kapulaga, garam, gula, dan air asam jawa. Rebus hingga kuah mendidih. Koreksi rasa. Masukkan daun bawang, aduk, dan masak sebentar. Angkat.
  4. Sajikan sup konro dengan taburan bawang merah goreng di atasnya.

Sajikan sop konro dalam mangkuk dan sepiring nasi untuk sarapan pagi, makan siang, atau pun malam. Akan lebih nikmat jika disantap selagi panas dan ditambah aroma rempah yang tercium akan menambah selera makan. (Lingkar Network | Shinta – Lingkar.news)

Exit mobile version