Sikat Gigi Saja Tak Cukup, Ini 5 Tips Cegah Bau Mulut saat Puasa

Ilustrasi bau mulut saat puasa. (Freepik/Lingkar.news)

Ilustrasi bau mulut saat puasa. (Freepik/Lingkar.news)

Lingkar.newsPuasa Ramadhan merupakan momen spiritual yang dinanti-nanti umat Muslim. Namun, tak jarang bau mulut atau halitosis menjadi masalah yang mengganggu saat berpuasa. Hal ini tentu dapat menurunkan rasa percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

Berikut beberapa tips untuk mencegah bau mulut saat puasa:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Sikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu setelah sahur dan sebelum tidur. Gunakan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi berfluoride. Selain itu, bersihkan lidah dengan sikat lidah atau scraper untuk mengangkat bakteri dan sisa makanan yang menempel. Jika diperlukan, gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi. Sebagai pelengkap, berkumurlah dengan obat kumur antibakteri setelah menyikat gigi.

2. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Pastikan selama puasa minum air putih minimal 8 gelas per hari, terutama saat sahur dan berbuka puasa. Meskipun terlihat menggota, usahakan hindari minuman manis dan bersoda yang dapat menyebabkan dehidrasi. Tak kalah penting konsumsi buah dan sayur yang kaya air seperti semangka, timun, dan tomat.

3. Memilih Makanan Sahur dan Berbuka yang Tepat

Hindari makanan yang beraroma menyengat seperti bawang putih, bawang merah, dan jengkol. Anda bisa memilih makanan yang kaya serat seperti sayur dan buah untuk membantu membersihkan mulut. Selain itu, Anda juga bisa memilih makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mulut.

4. Menjaga Kesehatan Gusi

Sikat gigi dengan lembut dan hindari menyikat gusi terlalu keras dan gunakan pasta gigi yang sensitif pada gusi. Untuk tindakan lebih lanjut, Anda bisa melakukan pemeriksaan gigi dan gusi secara rutin ke dokter gigi.

5. Menghindari Kebiasaan Kebiasaan Buruk

Hindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu bau mulut. Seperti merokok yang menyebabkan mulut menjadi kering dan bau. Kemudian jauhi konsumsi alkohol, karena dapat memperburuk bau mulut. Serta tidur dengan mulut terbuka, karena dapat menyebabkan mulut kering dan bau mulut.

Itulah beberapa tips mencegah bau mulut saat puasa. Jika bau mulut tidak kunjung hilang setelah melakukan tips-tips di atas, konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Sebab beberapa kondisi medis seperti diabetes dan penyakit pencernaan dapat menyebabkan bau mulut. (Lingkar Network | Lingka.news)

Exit mobile version