Penuh Kemuliaan, Ini Keistimewaan Malam Nuzulul Quran

Al-Quran, kitab suci umat Islam. (Freepik/Lingkar.news)

Al-Quran, kitab suci umat Islam. (Freepik/Lingkar.news)

Lingkar.news – Bulan Ramadhan terdapat satu peringatan penting dan bersejarah bagi umat muslim, yakni malam Nuzulul Quran. Malam ini menjadi spesial karena Al-Quran turun untuk pertama kalinya dalam bentuk wahyu yang diterima oleh Rasulullah SAW.

Penggambaran Nuzul Quran telah dengan jelas diterangkan dalam QS Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Mengutip Uinsgd.ac.id, Ibnu ‘Abbas berkata bahwa Al-Quran turun sekaligus di Lauhul Mahfuzh di Baitul Izzah pada malam Lailatul Qadar. Dimana pertama kali Allah SWT menurunkan Al-Quran berupa surat Al-Alaq ayat 1-5 kepada Rasulullah yang bertepatan pada tanggal 17 Ramadhan.

Perihal tanggal tepat turunnya Al-Quran sempat menjadi perdebatan, namun mayoritas ulama Indonesia sepakat bahwa Nuzulul Quran jatuh pada hari ke-17 bulan Ramadhan.

Tidak mengherankan apabila malam ini sangat disambut gembira oleh umat muslim. Sebab pada peringatan ini diyakini juga sebagai malam Lailatul Qadar. Dari Zaid bin Arqam ra berkata, “Aku tidak ragu bahwa malam 17 Ramadhan adalah malam turunnya Al-Quran” (HR Ath-Thabrani dan Abu Syaibah).

Malam Nuzulul Quran ini begitu penting dan istimewa karena memiliki 6 keutamaan didalamnya, yaitu:

1. Satu Malam yang Lebih Baik dari Seribu Bulan

Malam Lailatul Qadar memiliki keistimewaan pahala ibadah yang luar biasa. Bahkan mala mini diperumpamakan lebih baik dari seribu malam.

Hal ini disebutkan dalam kitab Shahihain dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang melakukan qiyam al lail (sholat malam) pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dan ridha Allah, maka diampunilah baginya semua dosanya yang terdahulu”.

2. Malam Turunnya Al-Quran

Allah SWT mengagungkan bulan Ramadhan karena Al-Quran diturunkannya pada malam itu. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (QS Al-Qadar ayat 2-3).

3. Jadi Malam Penuh Kemuliaan

Malaikat Jibril memimpin malaikat lainnya turun ke bumi untuk melimpahkan banyak keberkahan dan rahmat. Para malaikat turun manakala Al-Quran dibacakan dan mengelilingi halaqah-halaqah zikir hingga sayap menaungi orang yang menuntut ilmu dengan benar karena menghormatinya.

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. (QS Al-Qadr: 4)

4. Malam Penuh Keselamatan dan Kesejahteraan

Sa’id Ibnu Mansur mengatakan, telah menceritakan kepada kami Isa Ibnu Yunus, telah menceritakan kepada kami Al-A’masy dari Mujahid sehubungan dengan makna firman-Nya: Malam itu (penuh) kesejahteraan” (QS Al-Qadr: 5). Bahwa malam itu penuh keselamatan, setan tidak mampu berbuat keburukan padanya atau melakukan gangguan padanya.

5. Ditetapkannya Ajal hingga Rezeki

Malam Nuzulul Quran juga menjadi malam ditakdirkannya semua urusan mulai ajal hingga rezeki. Allah SWT berfirman, “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah”(QS Ad-Dukhan: 4). Qatadah dan lainnya mengatakan bahwa yang dimaksud yakni “Semua urusan ditetapkan di dalamnya dan smeua ajal serta rezeki ditakdirkan”.

6. Malaikat Salam kepada Ahli Masjid

Allah SWT berfirman, “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS Al-Qadar : 5). Ayat tersebut lalu dijelaskan kembali oleh Sa’id Ibnu Mansur mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Hisyam, dari Ishaq, dari Asy-Sya’bi sehubungan makna firman-Nya: “Untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS Al-Qadar : 4-5). Makna yang dimaksud ialah salamnya para malaikat di malam Lailatul Qadar kepada ahli masjid atau orang-orang di dalam masjid hingga fajar terbit. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version