Manis dan Gurih, 6 Rekomendasi Menu Takjil Berbahan Aci

ILUSTRASI: Es cendol dari aci. (Freepik/Lingkar.news)

ILUSTRASI: Es cendol dari aci. (Freepik/Lingkar.news)

Lingkar.news Jawa Barat terkenal dengan berbagai camilan atau kudapan berbahan dasar aci atau tepung tapioka. Tepung aci bisa diolah menjadi beraneka macam olahan kuliner yang menggugah selera dengan cita rasa gurih hingga manis. Sebut saja cilok, cireng dan cimol yang sudah populer bahkan di luar Jawa Barat.

Makanan yang terbuat dari olahan aci memiliki ciri khas tekstur kenyal. Namun selain cilok dan makanan sejenisnya, tepung aci juga jamak digunakan untuk membuat kudapan yang cocok sebagai menu takjil buka puasa. Berikut rekomendasi takjil berbahan aci tersebut. (Cenil, ongol-ongol, cendol, kolak biji salak, siomay aci, tahu aci, cireng).

1. Cenil

Cenil merupakan penganan berbahan dasar tepung aci, berbentuk bulat lonjong. Makanan tradisional ini biasa ditemukan di pasar tradisional. Cenil disajikan dengan parutan kelapa dan disiram gula merah cair. Penganan ini populer di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Yogyakarta dengan penyebutan berbeda. Cenil cocok sebagai kudapan takjil buka puasa dan ramah untuk pencernaan.

2. Ongol-Ongol

Menu takjil berbahan aci selanjutnya adalah ongol-ongol. Penganan tradisional ongol-ongol sebenarnya bisa dibuat dengan beragam jenis bahan, bisa dari singkong, tepung sagu, hingga tepung aci. Ongol-ongol yang dibuat dari tepung aci teksturnya lebih kenyal ketimbang dari bahan singkong yang padat. Jajanan pasar ini punya ciri khas rasa manis dan gurih yang berasal dari Paduan gula merah dan kelapa parut.

3. Es Cendol

Buka puasa dengan minuman dingin rasanya pasti menyegarkan, termasuk es cendol. Cendol ini dibuat dari bahan dasar tepung aci. Di bulan puasa, banyak pedagang yang menjajakan es cendol sebagai alternatif takjil. Namun kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan membeli cendolnya saja, dan meracik kuah cendol sesuai selera. Minuman es cendol ini pun masih diminati sebagian besar masyarakat di Jawa.

4. Kolak Biji Salak

Makanan berbahan aci yang cocok untuk takjil puasa adalah kolak biji salak. Penganan ini dibuat dari ulenan tepung aci yang dibentuk bulat-bulat kecil. Di dalamnya pun bisa diisi dengan ubi. Kolak biji salak dapat disajikan bersama air gula atau santan sebagai pelengkap. Penganan ini sangat cocok untuk menu pembuka saat membatalkan puasa karena teksturnya yang lembut tapi kenyal.

5. Siomai Aci

Kudapan dari bahan tepung aci selanjutnya adalah siomai aci. Masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Barat tentu sudah tak asing dengan siomai. Makanan yang disajikan bersama kentang dan kol rebus, telur, tahu, hingga pare ini cocok untuk mengisi perut saat berbuka puasa. Siomai yang disiram dengan saus kacang, ditambah kecap manis, sambal, dan saus pedas ini tentunya sangat menggugah selera.

6. Tahu Aci

Jika biasanya kita mengenal tahu bakso, maka versi lebih hematnya bisa diganti dengan aci menjadi tahu aci. Tahu kuning yang diisi dengan adonan aci lalu digoreng ini menghasilkan tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam. Kudapan ini amat sempurna bila disajikan bersama sambal.

Demikian enam rekomendasi menu takjil berbahan aci yang bisa kamu coba. Kamu bisa mendapatkannya di pusat jajanan kaki lima atau bahkan berkreasi sendiri. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version