Alur dan Tips Mencoblos agar Suara Dinyatakan Sah dalam Pemilu 2024

ILUSTRASI: Lima jenis surat suara pada Pemilu 2024. (Antara/Lingkar.news)

ILUSTRASI: Lima jenis surat suara pada Pemilu 2024. (Antara/Lingkar.news)

Lingkar.news – Pemungutan suara pemilihan umum (pemilu) akan berlangsung pada Rabu, 14 Januari 2024. Suara setiap warga sangat penting untuk menentukan pemimpin negara dalam lima tahun kedepan. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilih untuk memastikan bahwa suara mereka dianggap sah.

Bagi pemilih pemula, penting untuk mengetahui alur dan tata cara mencoblos pada pesta demokrasi agar tidak salah langkah.

1. Hal yang Wajib Dibawa saat Datang ke TPS

Sebelum berangkat ke tempat pemungutan suara (TPS) pastikan untuk membawa formulir pemberitahuan (Model C-6) dan e-KTP atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan setempat.

Namun, tak perlu khawatir jika pemilih tidak terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT). Pemilih tetap bisa menggunakan hak suara dengan datang ke TPS satu jam sebelum pemungutan suara ditutup.

Lalu, kapan waktu untuk mencoblos? Waktu pemungutan suara dibuka pada jam 07.00 sampai dengan jam 13.00 waktu setempat.

2. Alur Mencoblos di TPS

Komisi Pemilihan Umum telah memberikan informasi tata cara mencoblos dalam Pasal 353 ayat 1 Undang-Undang Nomor 7 tentang Pemilu. Sementara prosedur mencoblos terangkum seperti berikut ini:

3. Kategori Suara Sah

Ada lima surat suara yang diterima pemilih saat datang ke TPS. Surat suara yang sudah dicoblos dianggap sah jika memiliki kriteria berikut ini;

Demikian tiga hal penting yang wajib dipahami sebelum ikut mencoblos Pemilu 2024. Penting untuk diingat bahwa hanya boleh menandai satu pilihan pada surat suara untuk setiap jenis surat suara. Jika menandai lebih dari satu, maka akan dihitung tidak sah.

Gunakanlah hak suara sesuai dengan hati nurani, pilih calon pemimpin yang menurut keyakinan dapat membawa dampak positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Ayo gunakah hak pilih dengan bijak! (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version