7 Kebiasaan Baik yang Harus Dirutinkan Usai Ramadhan dan Idul Fitri

SILATURAHMI: Sekelompok perempuan menjalin silaturahmi usai lebaran. (Freepik/Lingkar.news)

SILATURAHMI: Sekelompok perempuan menjalin silaturahmi usai lebaran. (Freepik/Lingkar.news)

Lingkar.news – Bulan Ramadan dan hari raya idulfitri merupakan momen istimewa bagi umat Islam. Bulan Ramadan menjadi periode untuk meningkatkan ketakwaan dan spiritualitas, sedangkan idulfitri menjadi momen untuk bersilaturahmi dan merayakan kemenangan.

Namun setelah kemeriahan idulfitri mereda, penting untuk tetap menjaga kebiasaan baik yang telah ditanamkan selama Ramadan. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa dirutinkan setelah Ramadan dan idulftri:

1. Mempertahankan Konsistensi Ibadah 

Umat muslim memanfaatkan bulan Ramadan untuk meningkatkan ketakwaan dengan memperbanyak ibadah. Tidak hanya menjalankan ibadah wajib, ibadah-ibadah sunah juga baik dilakukan saat Ramadan seperti tadarus Al-Qur’an, dan berdzikir. Sebaiknya, kebiasaan ini diteruskan setelah Ramadan, agar kedekatan kita dengan Allah SWT tetap terjaga.

2. Menjaga Pola Makan Sehat

Selama Ramadan, umat Islam terbiasa dengan pola makan yang teratur dan sehat. Hindari kembali ke pola makan yang tidak sehat setelah Ramadan. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan air putih, serta batasi konsumsi makanan berlemak, manis, dan gorengan.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Jadikan olahraga sebagai kebiasaan rutin, minimal 30 menit setiap hari. Rutin berolahraga dapat membantu menjaga imunitas dan kebugaran tubuh. Lakukan olahraga ringan sesuai dengan kemampuan tubuh hingga terbiasa, lalu tingkatkan intensitas perlahan.

4. Menjaga Silaturahmi

Silaturahmi merupakan amalan penting dalam Islam. Meskipun Ramadan telah usai, jalinlah silaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan tetangga harus tetap dijaga. Silaturahmi dapat memperkuat hubungan antar sesama dan meningkatkan rasa kepedulian sosial. Menjaga silaturahmi pun kian mudah di era gempuran teknologi, sebab media komunikasi pun semakin beragam yang bisa dipilih sesuainkebutuhan.

5. Bersedekah

Sedekah merupakan amalan yang mulia dan bermanfaat bagi orang lain. Kebiasaan bersedekah yang dilakukan selama Ramadan, sebaiknya diteruskan setelah Ramadan. Kita dapat menyisihkan sebagian rezeki untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

6. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Jadikan membaca Al-Qur’an sebagai kebiasaan rutin, meskipun tidak seintens saat Ramadan.

7. Mengamalkan Amalan Baik Lainnya

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, kita juga bisa merutinkan amalan baik lainnya, seperti berzikir, berdoa, dan melakukan perbuatan terpuji.

Menjaga kebiasaan baik setelah Ramadan dan Idulfitri dapat membantu umat Islam untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bertakwa kepada Allah SWT.

Ingatlah, kunci utama untuk merutinkan kebiasaan baik adalah niat dan komitmen. Dengan niat yang kuat dan komitmen yang teguh, kita dapat menjadikan kebiasaan baik ini sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version