7 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Bulan Ramadhan

ILUSTRASI: Kitab suci umat Islam, Al-Qur’an. (Freepik/Lingkar.news)

ILUSTRASI: Kitab suci umat Islam, Al-Qur’an. (Freepik/Lingkar.news)

Lingkar.news Bulan Ramadhan merupakan salah satu momen yang ditunggu umat Islam di seluruh dunia. Umat Islam memanfaatkan bulan mulia ini untuk memperbaiki diri, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan meningkatkan ibadah.

Ramadhan tahun 2024 pun tinggal menunggu hitungan hari. Oleh karena itu ada baiknya kita mempersiapkan diri agar mental dan fisik saat menjalani ibadah selama Ramadhan. 

1. Persiapan Fisik

Jam biologis manusia akan berproses secara berbeda selama bulan Ramadhan sebab jam makan digantikan saat sahur dan berbuka. Untuk melatih fisik agar terbiasa menjalankan aktivitas selama berpuasa, sebaiknya persiapkan diri dengan melaksanakan puasa sunnah di bulan Syakban sehingga kondisi tubuh cepat beradaptasi saat bulan puasa nanti.

2. Berlatih Menahan Diri

Ibadah puasa melatih umat Islam untuk menahan lapar dan haus. Namun sebenarnya makna puasa lebih dari itu. Puasa juga melatih individu untuk menahan hawa nafsu termasuk nafsu melampiaskan kemarahan maupun hal-hal buruk lainnya. Mungkin pada hari biasa sangat lumrah dan bebas untuk melampiaskan emosi, walaupun sebenarnya tidak, namun berbeda halnya saat menjalankan puasa. Oleh karena itu penting bagi umat Islam berlatih menahan hawa nafsu sejak sebelum Ramadhan dan menjadi kebiasaan setelahnya.

3. Memperbanyak Ibadah

Bulan Ramadhan merupakan ladang ibadah yang bisa dimanfaatkan umat Islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Mulailah memperbanyak ibadah seperti doa, zikir, dan salat sunnah agar semakin terbiasa saat menjalankan ibadah pada bulan Ramadhan. Praktik zikir dapat dilaksanakan dalam berbagai kesempatan sehingga jika dilatih sejak awal justru bisa menjadi rutinitas tanpa merasakan beban, melainkan mendapatkan ketenangan hati.

4. Penyegaran Bacaan dan Hafalan Al-Qur’an

Salah satu ibadah yang sangat identik saat bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Qur’an bersama-sama. Kegiatan ini bisa dipersiapkan sejak sebelum Ramadhan agar bacaan Al-Qur’an semakin lancar. Sembari melancarkan bacaan juga bisa menyegarkan hafalan surat-surat pendek untuk bisa diamalkan dalam setiap salat maupun ibadah lainnya.

5. Membayar Utang Puasa

Membayar utang puasa hukumnya wajib, dan utang puasa seharusnya sudah lunas sebelum memasuki bulan Ramadhan. Jika saat ini masih mempunya utang puasa yang belum dibayar, alangkah baiknya untuk segera melunasi. Sebenarnya umat Islam memiliki jangka waktu sangat panjang untuk melunasi utang puasa karena bisa dilakukan kapan saja termasuk saat bulan-bulan mulia seperti Muharam, Rajab, dan Syakban.

6. Menyusun Kegiatan Ramadhan

Bulan Ramadhan hanya datang sekali setahun, oleh karena itu sangat sayang jika dilewatkan begitu saja dengan rutinitas pada hari biasa. Oleh karena itu menyusun kegiatan yang akan dilakukan selama bulan Ramadhan bisa jadi cara untuk menikmati bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan ibadah yang menyenangkan. Misalnya ikut pesantren kilat, mengikuti kajian subuh, tadarus Al-Quran, dan kegiatan lainnya.

7. Merencanakan Menu Sahur dan Berbuka

Jika sedang tinggal bersama keluarga tentu tak akan repot menentukan makan sahur dan berbuka puasa. Namun bagi anak perantauan mungkin agak susah dan repot, apalagi jika memiliki riwayat mag dan asam lambung. Oleh karena itu penting mulai sekarang untuk mempelajari menu-menu sehat yang aman bagi penderita mag agar ibadah puasa berjalan dengan tenang dan khusyuk.

Dengan mempersiapkan diri secara menyeluruh dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada, diharapkan Ramadhan tahun ini dapat menjadi pengalaman spiritual yang berharga dan membawa manfaat bagi kita semua. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version