5 Tips Tetap Fokus Bekerja Meski Sedang Berpuasa

ILUSTRASI: Tetap fokus bekerja saat berpuasa. (Canva/Lingkar.news)

ILUSTRASI: Tetap fokus bekerja saat berpuasa. (Canva/Lingkar.news)

Lingkar.news Bulan Ramadan tak jarang menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja. Rasa lapar dan haus dapat mengganggu konsentrasi dan menurunkan fokus saat bekerja. Dehidrasi dan kekurangan energi bisa menyebabkan fokus gampang terpecah.

Namun jangan khawatir, berikut beberapa tips yang bisa membantu kamu tetap fokus dan produktif meski sedang berpuasa.

1. Sahur yang Tepat

Konsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dapat menjaga energi tubuh. Konsumsi bahan pangan yang mengandung karbohidrat kompleks sebagai menu sahur seperti nasi merah, kentang, jagung, pisang atau oatmeal. Karbohidrat kompleks lebih mudah dicerna tubuh dan memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu perbanyak protein dan serat agar pencernaan lancar. Hindari makanan tinggi gula dan lemak yang dapat membuat tubuh cepat lemas.

Kemudian penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih delapan gelas selama periode berbuka sampai sahur. Selain itu hindari begadang setelah sahur agar tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

2. Menjaga Asupan Nutrisi

Saat berbuka puasa, pilih makanan yang bergizi seimbang dan hindari porsi makanan berlebihan. Konsumsi buah-buahan seperti apel, alpukat, pisang, papaya dan kurma untuk memenuhi kebutuhan serat pada tubuh. Sayuran juga penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral saat menjalankan puasa. Asupan nutrisi yang bagus pada saat buka dan sahur akan membantu menjaga kebugaran tubuh agar tidak cepat lelah dan fokus saat bekerja meski sedang berpuasa.

3. Mengelola Waktu dan Aktivitas

Hal penting agar tetap fokus saat bekerja meski sedang puasa adalah dengan mengelola waktu secara baik. Tentukan prioritas tugas yang paling penting dan mendesak untuk dikerjakan. Bagi pekerjaan menjadi beberapa bagian kecil dan atur waktu pengerjaannya dengan efektif. Luangkan waktu untuk istirahat sejenak setiap 30 – 60 menit untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Lalu yang paling tidak boleh dilakukan adalah menunda pekerjaan dan kerjakan tugas sesegera mungkin.

4. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Tubuh yang sehat akan membuat kita lebih fokus saat beraktivitas meskipun sedang berpuasa.  Lakukan olahraga ringan secara teratur untuk menjaga stamina tubuh. Kamu juga dapat mempraktikkan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga untuk membantu pikiran tetap fokus dan tenang. Selain itu pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup agar tubuh dan pikiran dapat beristirahat dengan baik.

5. Meningkatkan Motivasi

Salah satu hal penting agar tetap fokus dalam bekerja adalah motivasi. Berikan motivasi kepada diri sendiri bahwa puasa bukan hal berat melainkan rangkaian ibadah untuk kebaikan diri sendiri. Berikan reward kepada diri sendiri atas pencapaian yang berhasil didapatkan. Atau bergabung dengan komunitas online atau offline untuk saling menyemangati dan berbagi tips selama Ramadhan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat tetap fokus dan produktif selama Ramadhan. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan mental agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan maksimal. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version