5 Rekomendasi Minuman Segar dan Menyehatkan untuk Buka Puasa

ILUSTRASI: Segelas smoothis mangga cocok untuk menu buka puasa. (Freepik @boyarkinamarina/Lingkar.news)

ILUSTRASI: Segelas smoothis mangga cocok untuk menu buka puasa. (Freepik @boyarkinamarina/Lingkar.news)

Lingkar.news Berbuka puasa baiknya diawali dengan minum agar kebutuhan cairan tubuh segera pulih setelah menjalankan puasa sekitar 14 jam. Makanan atau minuman manis kerap menjadi pilihan untuk buka puasa karena minuman manis bisa meningkatkan kadar gula darah yang turun selama berpuasa

Minuman dingin dan aneka es biasanya menjadi favorit sebagian besar umat Islam sebagai hidangan buka puasa.  Nah, berikut ini berbagai jenis minuman favorit buka puasa ala Lingkar.news

1. Air Putih

Tiada yang lebih nikmat selain minum air putih untuk melepaskan dahaga saat buka puasa. Membatalkan puasa dengan minum air putih lebih disarankan ketimbang minum minuman dingin dan aneka jenis es lainnya. Kondisi tubuh tidak akan begitu kaget karena pencernaan dalam keadaan kosong sebelumnya.

2. Es Kelapa Muda

Air kelapa dipercaya lebih cepat memulihkan cairan tubuh sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Es kelapa merupakan salah satu minuman favorit buka puasa karena selain menyegarkan juga baik untuk kesehatan. Air kelapa memiliki kandungan gula dan elektrolit sehingga memberikan efek menyegarkan tubuh secara alami. Namun, akan lebih baik lagi jika minum air kelapa tanpa tambahan pemanis.

3. Es Buah

Minuman segar dan menyehatkan untuk buka puasa adalah es buah. Minuman ini sangat mudah dibuat atau bisa juga didapatkan di penjual takjil menjelang waktu buka puasa. Minuman yang terdiri dari campuran aneka buah ini sangat pas untuk memulihkan tubuh setelah berpuasa seharian. Dalam satu mangkok es buah, kamu sudah bisa mendapatkan manfaat vitamin C, serat, sekaligus mendapatkan asupan cairan tubuh. Namun akan lebih baik jika kamu meracik es buah tanpa banyak tambahan pemanis untuk mengontrol konsumsi kalori.

4. Jus Buah

Bulan puasa memang surganya minuman berperisa manis. Meskipun konsumsi minuman atau makanan manis baik untuk mempercepat pemulihan kalori dalam tubuh, namun terlalu banyak konsumsi minuman berpemanis juga tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu jus buah bisa menjadi pilihan minuman favorit buka puasa yang segar lagi menyehatkan. Dalam satu gelas jus buah, kamu akan mendapatkan manfaat berbagai vitamin, serat, dan kalori alami yang baik untuk tubuh.  

5. Smoothies

Rekomendasi minuman segar dan menyehatkan untuk buka puasa adalah smoothies. Cara membuat smoothies sama dengan membuat jus buah lalu menambahkan yoghurt. Minuman ini sangat cocok untuk menghidrasi sekaligus menjaga imunitas tubuh. Kamu bisa membuat smoothies menggunakan berbagai paduan buah-buah segar seperti pisang dan stroberi, kiwi dan apel, atau mangga dan pisang.

Minuman buka puasa yang paling diminati dapat bervariasi tergantung pada selera dan budaya masyarakat setempat. Namun yang terpenting adalah memilih minuman yang sehat, segar, dan memberikan energi yang cukup untuk menjalani ibadah puasa dengan lancar. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version