5 Langkah Mencegah Memori Smartphone Tak Cepat Penuh

ILUSTRASI: Proses back up data smartphone ke perangkat computer. (Freepik @pvproductions/Lingkar.news)

ILUSTRASI: Proses back up data smartphone ke perangkat computer. (Freepik @pvproductions/Lingkar.news)

Lingkar.news – Permasalahan umum yang kerap dialami pengguna smartphone adalah memori cepat penuh. Kondisi tersebut terasa sangat menyebalkan ketika sedang butuh memasang aplikasi baru yang akan dipakai saat itu juga.

Memori smartphone yang penuh akan menghambat kinerja, penggunaan aplikasi sering nge-lag, force close, bahkan restart dengan sendirinya. Terbayangkan betapa menyusahkannya saat memori smartphone penuh tapi harus dipaksa kerja cepat?

Sebenarnya, permasalahan klasik ini sangat mudah diselesaikan jika telaten dan pintar memanfaatkan aplikasi. Nah, berikut ini tips agar memori smartphone tidak cepat penuh.

1. Hapus File yang Tidak Diperlukan

Salah satu alasan memori smartphone cepat penuh adalah banyaknya pemasangan aplikasi, padahal tidak semuanya digunakan secara aktif. Gunakan aplikasi yang sifatnya esensian dan menunjang kebutuhan harian agar memori smartphone tak cepat penuh.

Selain itu jangan merasa eman-eman menghapus foto, video, dokumen, dan tangkapan layar yang tidak lagi digunakan. Terlalu banyak file di dalam smartphone akan membuat memori cepat penuh tanpa disadari pemiliknya. Maka dari itu jangan malas bersih-bersih file!

2. Gunakan Cloud Storage

Manfaatkan layanan cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, atau iCloud untuk menyimpan file-file penting dan sewaktu-waktu diperlukan. Dengan menyimpan file di cloud dapat menghemat ruang penyimpanan internal smartphone. Meskipun untuk menikmati layanan cloud storage harus mengeluarkan biaya untuk berlangganan, namun jika file yang ingin disimpan dan diarsipkan jumlahnya besar maka pilihan ini sudah tepat untuk mencegah memori smartphone tak cepat penuh.

3. Memori Eksternal

Pilihan lebih murah jika tidak mau berlangganan storage cloud adalah menggunakan memori eksternal atau kartu SD. Pindahkan data-data penting ke memori eksternal untuk menghemat ruang penyimpanan internal sehingga tidak perlu khawatir saat akan memasang aplikasi baru. Kamu juga bisa memilih untuk back up data ke hard disk untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

4. Hapus Cache Setiap Aplikasi

Selain membersihkan file, jangan malas membersihkan cache di setiap aplikasi secara berkala. Cache aplikasi yang telah terakumulasi di smartphone akan memakan banyak ruang penyimpanan internal. Langkah ini memang membutuhkan ketelatenan karena harus membuka satu per satu aplikasi untuk menghapus cache. Namun demi memori smartphone tak cepat penuh, langkah ini sangat patut dicoba.

5. Nonaktifkan Unduhan Otomatis

Batasi pengaturan unduhan otomatis di aplikasi seperti WhatsApp atau Instagram untuk menghemat ruang penyimpanan. Unduhan otomatis akan membuat perangkat smartphone mengunduh berbagai file yang dikirim. Ini sangat merugikan jika file tersebut tidak begitu dibutuhkan.

Demikian lima tips untuk mencegah memori smartphone tak cepat penuh sekaligus menjaga kinerja handphone Anda tetap optimal. Perlu digarisabawahi untuk rutin melakukan pembersihan file dan cache agar ruang penyimpanan tetap luas. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version