5 Jenis Makanan yang Cocok untuk Buka Puasa bagi Penderita Maag

ILUSTRASI: Sup sayur sebagai menu buka puasa. (Freepik @jcomp/Lingkar.news)

ILUSTRASI: Sup sayur sebagai menu buka puasa. (Freepik @jcomp/Lingkar.news)

Lingkar.news Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi umat Islam. Namun bagi masyarakat yang mempunyai riwayat penyakit lambung, terutama sakit maag, perlu menyesuaikan diri karena memiliki pantangan makanan.

Sejumlah makanan pantang dikonsumsi saat buka dan sahur bagi orang dengan penyakit maag agar tidak kambuh saat sedang menjalankan puasa.

Sejumlah jenis makanan pantang dimakan bagi penderita penyakit maag seperti makanan yang terlalu asam, pedas, terlalu panas atau dingin.

Penderita maag sebaiknya memilih menu buka puasa yang ringan, mudah dicerna, dan tidak memicu iritasi lambung adalah kunci utama. Berikut adalah daftar menu buka puasa yang aman untuk penderita maag:

1. Sup Sayuran

Sup sayuran tanpa tambahan bumbu yang pedas atau berlemak dapat menjadi pilihan menu buka puasa yang aman untuk penderita maag. Selain menyehatkan, konsumsi sup sayuran sebagai menu buka puasa dapat menghangatkan tubuh serta menjadi sumber serat yang baik untuk pencernaan.

2. Kurma

Siapa yang tak kenal buah kurma? Buah dari negeri Arab ini tidak hanya identik sebagai oleh-oleh haji tetapi juga bagus dikonsumsi ketika berbuka puasa. Kurma memiliki kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan sekaligus mengendalikan keseimbangan asam-basa dalam tubuh.

3. Pisang

Awali buka puasa dengan makanan yang mudah dicerna, misalnya dengan konsumsi buah pisang. Buah pisang memiliki tekstur lembut dan memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat direkomendasikan untuk mengawali buka puasa. Kandungan serat pada pisang dapat membantu melancarkan kerja usus dan mencegah sembelit.

4. Dada Ayam

Menu buka puasa tentunya harus memenuhi kriteria sehat dan bergizi. Dada ayam bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan protein. Selain kandungan protein yang tinggi, dada ayam juga minim lemak sehingga cocok menjadi menu buka puasa penderita maag. Namun, disarankan agar daging ayam dimasak dengan cara direbus atau dikukus.

5. Bubur dan Nasi Tim

Makanan yang mudah dicerna dan cocok untuk dikonsumsi penderita penyakit maag yakni bubur dan nasi tim. Makanan yang terbuat dari beras yang dimasak hingga teksturnya lembek ini aman untuk mengawali buka puasa sebelum mengonsumsi makanan lainnya. Tekstur bubur yang lembut ini mudah dicerna lambung dan serta dapat meringankan rasa sakit pada bagian perut. Lengkapi nasi tim atau bubur dengan lauk yang cocok seperti tahu atau tempe bacem dan dada ayam.

Selain memilih menu buka puasa yang aman, penderita maag juga disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang dapat memicu gejala maag seperti makanan pedas, asam, berlemak, dan berkarbonasi. Namun yang lebih penting, penderita maag perlu mengatur pola makan selama bulan Ramadhan agar tidak mudah kambuh. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version