5 Cara Detoks Kulit Wajah yang Bisa Dilakukan di Rumah

5 Cara Detoks Kulit Wajah yang Bisa Dilakukan di Rumah

ILUSTRASI: Dokter memeriksa kulit wajah. (redgreystock from Freepik/Lingkar.news)

Lingkar.news – Detoks kulit bukan sekadar menghilangkan kotoran biasa, tapi membantu mengeluarkan “racun” dari dalam tubuh yang mempengaruhi kesehatan kulit. Berikut 5 cara detoks kulit sederhana di rumah. Apa saja?.

1. Membersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Detoks yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan wajah dua kali sehari. Saat pagi hari, membersihkan wajah bisa menghilangkan minyak di kulit dan membuat wajah menjadi lebih segar.

Sedangkan pada malam, membersihkan wajah bisa mengangkat make up, polusi, dan kotoran. Jangan lupa ya, pilih pembersih sesuai jenis kulit dan hindari sabun batangan yang bisa mengeringkan kulitmu.

Dengan membersihkan wajah dua kali sehari, bisa memberikan beberapa manfaat seperti mencegah pori tersumbat, komedo, dan jerawat. Selain itu, kulitmu juga akan lebih bersih dan penyerapan produk perawatan lebih optimal.

2. Eksfoliasi Wajah 1-2 Kali Seminggu

Cara detoks kulit juga bisa dilakukan dengan eksfoliasi wajah 1 sampai dengan dua kali dalam seminguu. Saat kamu eksfoliasi wajah, gunakan scrub lembut untuk mengangkat sel kulit mati. Sebaiknya, kamu hindari scrubbing kasar yang bisa melukai kulit.

Manfaat dari eksfoliasi wajah antara lain mengangkat sel kulit mati yang kusam, membuat kulit tampak lebih cerah, dan memperlancar regenerasi kulit baru yang lebih sehat.

3. Masker Wajah Mingguan

kamu juga bisa detoks kulit dengan menggunakan masker wajah sesuai jenis kulit seperti clay mask untuk detoks, hydrating mask untuk melembabkan dan lain-lain. Biarkan masker selama beberapa menit lalu bilas bersih.

Saat kamu rutin mengenakan masker wajah, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti menambah nutrisi dan kelembaban ekstra pada kulit, menenangkan kulit dan mengurangi peradangan.

4. Uap Wajah bila Perlu

Kamu juga bisa melakukan uang wajah seminggu sekali setelah membersihkan wajah, bila perlu. Caranya, didihkan air dan hirup uapnya selama 5-10 menit, dengan handuk menutupi kepala. Tambahkan essential oil seperti lavender atau chamomile untuk efek relaksasi.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan yaitu membuka pori-pori untuk mengeluarkan kotoran lebih dalam dan meningkatkan sirkulasi darah di wajah, membuat kulit lebih bersinar.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Jangan lupa, kamu juga harus penuhi kebutuhan air minum untuk tubuhmu. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari. Air membantu detoksifikasi tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit.

Manfaatnya adalah bisa menjaga hidrasi kulit, mencegah kekeringan dan kusam serta membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Nah, jangan lupa juga Nih. Kamu juga harus menjaga pola makan yang sehat, cukup tidur dan harus bisa mengelola stress. Kamu juga bisa konsultasi ke dokter kulit jika memiliki masalah kulit khusus. Lakukan tes alergi sebelum menggunakan produk baru. Tetap gunakan tabir surya setiap hari, meskipun di rumah.

Dengan menerapkan cara-cara di atas secara rutin, kamu bisa merasakan manfaat detoks kulit seperti kulit lebih bersih, sehat, cerah, dan bercahaya. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version