4 Cara Khatam Al-Qur’an dalam Sebulan selama Ramadhan 2024

ILUSTRASI: Seorang perempuan sedang membaca Al-Qur’an. (Freepik/Lingkar.news)

ILUSTRASI: Seorang perempuan sedang membaca Al-Qur’an. (Freepik/Lingkar.news)

Lingkar.news Suasana Ramadhan sudah mulai terasa bahkan sebulan sebelumnya. Sudahkan kamu mempersiapkan mental dan fisik untuk melaksanakan ibadah di bulan mulia ini?

Bulan Ramadhan yang merupakan ladangnya untuk menanam kebaikan dan memperbanyak ibadah, sangat disayangkan jika dilewatkan dengan aktivitas harian seperti bulan lain pada umumnya.

Sebagai bulan yang spesial alangkah baiknya untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang dapat mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, misalnya dengan tadarus Al-Quran. Jika kesibukan harian membuat kamu khawatir tidak bisa khatam Al-Qur’an dalam satu bulan, maka kamu wajib menyimak tips berikut ini.

1. Bulatkan Niat dan Konsisten

Tentu saja segala sesuatu harus diawali dengan niat, namun bukan sembarang niat. Kamu perlu memantabkan dalam hati bahwa kegiatan tadarus Al-Quran selama bulan Ramadhan bukan sebagai beban yang harus diselesaikan, tetapi ibadah yang perlu dijalankan dengan segenap hati.

Jika niat sudah bulat, langkah selanjutnya adalah konsisten. Atur waktu yang sekiranya bisa dimanfaatkan secara rutin untuk membaca kalam Ilahi. Misalnya saat pagi hari setelah salat subuh atau pada malam hari setelah tarawih.

2. Sistem Target 1 Hari 1 Juz

Langkah kedua agar khatam Al-Qur’an dalam 30 hari adalah membuat target satu hari satu juz. Kamu bisa menggunakan mushaf Al-Qur’an yang dicetak per juz. Biasanya dalam satu juz terdiri dari 11 lembar atau 22 halaman. Sistem target satu hari satu juz ini terasa lebih ringan jika dibaca dalam sekali duduk, artinya kamu perlu menentukan waktu yang tepat agar bisa khusyuk dan tartil saat membaca.

Dengan hitungan satu juz per hari maka khatam 30 juz adalah hal ringan. Kecuali bagi perempyan yang mengalami haid, maka target satu juz dalam sehari kiranya perlu ditambah menjadi 1,5 hingga 2 juz dalam sehari.

3. Pakai Sistem 1 Juz 5 Waktu

Membaca Al-Qur’an haruslah dengan tartil dan jelas, bukan sekadar membaca. Jika membaca satu juz dalam sekali duduk dirasa terlalu berat, maka kamu bisa membaginya lagi sesuai waktu salat. Misalnya membaca dua lembar setiap selesai melaksanakan ibadah wajib, atau dibaca setengah juz setelah tarawih dan setengah lagi setelah subuh. Tentukan waktu ternyaman kamu untuk membaca Al-Qur’an.

4. Tadarus bersama Teman dan Komunitas

Tadarus Al-Qur’an juga bisa dilakukan bersama-sama dengan teman-teman, komunitas, dan majelis. Hal ini akan lebih terasa ringan jika terdiri dari sejumlah orang. Selain itu membaca bersama teman juga akan mendorong semangat dan membantu lebih konsisten, bahkan bisa saling mengingangatkan. Tadarus Al-Qur’an secara bersama-sama juga bisa menjadi sarana untuk belajar agar bisa membaca lebih tartil sesuai tajwid karena akan saling diingatkan jika bacaan kita salah.

Demikian empat tips khatam Al-Qur’an dalam satu bulan. Sebenarnya kunci dari khatam Al-Qur’an adalah niat dan konsistensi masing-masing individu. Jika punya niat yang kuat dan betul-betul ingin mencurahkan waktu untuk khatam maka hal ini sebenarnya mudah. Namun yang perlu menjadi catatan, membaca dengan tartil dan sesuai tajwid yang baik lebih diutamakan ketimbang membaca dan khatam lebih cepat tetapi tidak jelas bacaannya. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version