10 Rekomendasi Vitamin dan Suplemen untuk Jaga Daya Tahan Tubuh selama Puasa

Ilustrasi mengonsumsi vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh selama puasa. (Freepik/Lingkar.news)

Ilustrasi mengonsumsi vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh selama puasa. (Freepik/Lingkar.news)

Lingkar.newsVitamin dan suplemen dapat menjadi tambahan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh saat menjalani ibadah puasa. Sebab saat berpuasa, tubuh terkejut dan butuh waktu untuk menyesuaikan diri karena perubahan kebiasaan makan dan minum. Tidak mengherankan apabila saat puasa tubuh menjadi lemas dan lesu.

Oleh sebab itu, nutrisi tubuh pun tetap harus dijaga. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan yakni dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan.

Berikut adalah beberapa vitamin dan suplemen yang baik dikonsumsi saat puasa:

1. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, kiwi, dan stroberi, atau konsumsi suplemen vitamin C jika diperlukan.

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks dapat membantu menjaga energi dan metabolisme tubuh. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan, atau konsumsi suplemen vitamin B kompleks.

3. Vitamin D

Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Paparan sinar matahari adalah sumber alami vitamin D, namun jika sulit untuk mendapatkannya, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D.

4. Zinc

Zinc atau seng penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka. Konsumsi makanan yang kaya akan seng seperti daging, seafood, kacang-kacangan, atau konsumsi suplemen seng.

5. Omega-3

Omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak. Konsumsi makanan yang kaya akan omega-3 seperti ikan salmon, sarden, dan kacang-kacangan, atau konsumsi suplemen omega-3.

6. Probiotik

Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt atau susu fermentasi, atau konsumsi suplemen probiotik.

7. Multivitamin

Jika sulit untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dari makanan, pertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin yang mengandung berbagai vitamin dan mineral penting.

8. Suplemen Elektrolit

Saat puasa, tubuh dapat kehilangan elektrolit melalui keringat. Konsumsi suplemen elektrolit dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

9. Kalsium

Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, keju, dan sayuran berdaun hijau, atau konsumsi suplemen kalsium.

10. Magnesium

Magnesium dapat membantu mengatur fungsi otot dan sistem saraf. Konsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau, atau konsumsi suplemen magnesium.

Sebelum mengonsumsi vitamin dan suplemen, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version