Cegah Penumpukan Sampah saat Festival Danau Sentani, DLH Siapkan 2 Armada Pengangkut

Kabid Kebersihan DLH Kabupaten Jayapura, Saverius Manangsang (kiri), saat berbincang dengan Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo (kanan). (Antara/Lingkar.news)

Kabid Kebersihan DLH Kabupaten Jayapura, Saverius Manangsang (kiri), saat berbincang dengan Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo (kanan). (Antara/Lingkar.news)

SENTANI, Lingkar.news Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Papua, akan menyiapkan dua armada pengangkut untuk membersihkan sampah pada pergelaran Festival Danau Sentani (FDS) XIV 19-23 Juni 2024.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Kabupaten Jayapura, Saverius Manangsang, mengatakan pihaknya mendukung pelaksanaan FDS XIV 2024 dengan menyiapkan dua armada pengangkut yakni mobil pick up dan truk sampah.

“Mobil pick up ukuran kecil akan disiagakan di dalam lokasi FDS untuk mengangkut sampah setiap saat, kemudian diangkut ke dalam truk yang disiapkan di luar lokasi festival,” ujarnya, Jumat, 14 Juni 2024.

Menurut Saverius, dukungan DLH merupakan instruksi langsung Penjabat (Pj) Bupati Jayapura untuk semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Jayapura dalam mensukseskan penyelenggaraan FDS XIV 2024.

“Sebagaimana perintah Pak Pj Bupati maka kami akan mendukung penuh suksesnya penyelenggaraan FDS dari sisi persampahan, agar lokasi kegiatan tetap bersih dan rapih,” ungkapnya.

Bakal Digelar Juli, Festival Danau Sentani Dianggarkan Rp 2 Miliar

DLH Jayapura juga mengerahkan 10-15 personel untuk selalu bersiap di lokasi kegiatan Festival Danau Sentani berlangsung.

“Kalau volume sampahnya bertambah terus, maka jumlah armada dan tenaga pun akan ditambah, disesuaikan dengan kondisi di lapangan,” terangnya.

Dia mengatakan pembagian tenaga dan armada harus dilakukan baik, karena bukan hanya sampah di lokasi FDS yang ditangani tetapi di wilayah Sentani Timur, Sentani, dan Waibu.

“Kami juga minta kepada pengunjung ke FDS supaya menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tetapi di tempat-tempat yang telah disediakan,” pungkasnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version