Pria Tunanetra Asal Pamekasan Jatim Bersyukur Bisa Berangkat Haji

Pria-Tunanetra-Asal-Pamekasan-Jatim-Bersyukur-Bisa-Berangkat-Haji

Amin Jakfar (42), pria tunanetra asal Pamekasan, Jatim yang berangkat haji tahun ini. (Istimewa/Lingkar.news)

SURABAYA, Lingkar.news – Calon jamaah haji asal Pamekasan, Jawa Timur sebagai penyandang tunanetra yaitu Amin Jakfar (42) bersyukur karena mendapat kesempatan untuk berangkat haji ke Tanah Suci.

“Tahun 2011, ibu mendaftarkan tiga orang untuk haji yaitu saya, adik, dan ibu sendiri,” ujarnya di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Minggu (19/6).

Pria tunanetra asal Pamekasan ini mengatakan bahwa, dari tiga orang terdaftar itu, hanya dua orang yang masuk daftar haji tahun ini, yaitu dirinya dan adik perempuannya. Sedangkan, ibunya tidak masuk daftar haji karena telah berusia 66 tahun, mengikuti peraturan dari Pemerintah Arab Saudi yang hanya membatasi sampai usia 65 tahun akibat pandemi Covid-19.

“Kami sangat sedih karena tidak bisa berangkat bertiga. Tapi, ibu justru mendorong kami untuk tetap berangkat berdua karena tak tahu apa yang terjadi tahun depan,” ucapnya.

Amin tergabung dalam kloter 23 Embarkasi Surabaya, yang menurut jadwal berangkat ke Jeddah pada Senin (20/6) pagi. Di Tanah Suci nanti, Amin akan memanjatkan doa di tempat yang mustajab, salah satunya doa agar bisa memperoleh pendamping hidup yang bersedia menerima kondisi dirinya apa adanya.

Sementara itu, kloter 23 tergabung dalam gelombang II Embarkasi Surabaya, sesuai imbauan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), jamaah calon haji sudah memakai baju ihram sejak berangkat dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya mulai memberangkatkan jamaah calon haji gelombang II ke Tanah Suci melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah. PPIH Embarkasi Surabaya menginformasikan pemberangkatan gelombang II dimulai dari kelompok terbang (kloter) 21 hingga 38, tanggal 19 Juni – 2 Juli 2022.

Berdasarkan data dari Kemenag Jatim untuk Embarkasi Surabaya tahun ini ada 16.967 orang jamaah haji yang dilayani dan terbagi dalam 38 kloter. Rinciannya, dari Jawa Timur sebanyak 16.087 orang, Provinsi Bali 318 orang, Provinsi Nusa Tenggara Timur 291 orang, Palembang 119 orang, serta petugas kloter 152 orang. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version