Kunjungi Semarang, Jokowi Hadiri Peringatan HUT ke-76 Bhayangkara

LEPAS LANDAS: Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersiap untuk terbang ke Kota Semarang, dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (04/07). (Ant/Lingkar.news)

LEPAS LANDAS: Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersiap untuk terbang ke Kota Semarang, dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (04/07). (Ant/Lingkar.news)

Lingkar.news – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin sore (04/07) bertolak ke Kota Semarang, Jawa Tengah untuk menghadiri peringatan HUT ke-76 Bhayangkara pada Selasa (05/07).

Menurut keterangan Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Senin, Presiden beserta rombongan sudah lepas landas menumpang Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada pukul 17.40 WIB.

Setibanya di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Kota Semarang, Presiden dan rombongan langsung menuju hotel tempat bermalam. Presiden diagendakan menghadiri sekaligus menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Akademi Kepolisian RI, Kota Semarang, hari ini (05/07).

Selepas itu, Presiden dijadwalkan menyambangi Pasar Rakyat Peterongan, Kota Semarang, untuk menyampaikan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat penerima manfaat dan pedagang. Ibu Negara Iriana Jokowi turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja ke Semarang tersebut.

Sebelumnya, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam rangka memperingati HUT ke-76 Bhayangkara menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan cerita “Semar Mambangun Kahyangan” yang dibawakan oleh tiga dalang di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Sabtu malam (02/07).

Dalam pergelaran yang menampilkan dalang Ki Yanto, Ki Anom Dwijokangko dan Ki Anom Sutrisno tersebut tampak hadir Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo beserta pejabat utama Polri, KASAlL Laksamana TNI Yudo Margono, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto.

Hiburan rakyat yang menghadirkan bintang tamu Kirun, Marwoto, serta sinden Endah Laras dan Eka Kebumen tersebut juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah hiburan dengan hadiah utama satu unit rumah.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengemukakan pagelaran wayang kulit yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara merupakan salah satu upaya Polri untuk melestarikan budaya bangsa.

“Malam ini diselenggarakan pertunjukan wayang kulit sebagai rangkaian HUT ke-76 Bhayangkara. Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya institusi Polri mendorong pelestarian kebudayaan khususnya wayang kulit. Kami juga mendorong pelestarian budaya yang ada di seluruh negeri,” kata Sigit di sela pergelaran wayang kulit.

Menurut Sigit, wayang memiliki filosofi yang mengandung banyak nasehat dan masukan bagi kehidupan di masyarakat

Ia mengatakan, lakon yang dimainkan oleh tiga dalang yakni Semar Membangun Kahyangan sebagai perwujudan dari upaya Bangsa Indonesia membangun pertumbuhan ekonomi di tengah ketidakpastian global akibat pandemi COVID-19 dan konflik Rusia-Ukraina yang berdampak pada krisis pangan dan energi.

“Lakon ini dipilih karena Bangsa Indonesia menghadapi situasi ketidakpastian, hampir dua tahun pandemi dan situasi global perang Ukraina dengan Rusia berdampak pada masalah energi dan pangan,” paparnya.

Jenderal bintang empat itu juga mengatakan, pergelaran wayang kulit ini juga menunjukkan kedekatan Polri dengan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, mantan Kabareskrim Polri itu juga mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan kesatuan, mencegah polarisasi menjelang Pemilu 2024.

“Harapannya, bisa bersama menghadapi agenda-agenda nasional sehingga semua bisa dilalui dan Indonesia menjadi lebih baik, masyarakat sejahtera. Persatuan dan kesatuan menjaga keberagaman Indonesia menjadi kekuatan modal melompat menjadi negara maju,” harap Sigit.

Pesta rakyat yang berlangsung dari pukul 19.00 WIB sampai dengan 03.00 WIB ini juga disemarakkan dengan sajian aneka kuliner gratis bagi warga yang menonton pertunjukan wayang kulit. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version