Abdul Mu’ti akan Kaji Persoalan Pendidikan Lewat Aspirasi Publik

Abdul Mu’ti akan Kaji Persoalan Pendidikan Lewat Aspirasi Publik

Sekretaris PP Muhammadiyah yang kini menjabat Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu'ti, tiba di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024 malam. (Antara/Lingkar.news)

JAKARTA, Lingkar.news Abdul Mu’ti mendapat amanah untuk membawa pendidikan di Indonesia lebih baik selagi menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah di Kabinet Merah Putih.

Ia mengaku ingin lebih banyak mendengar aspirasi publik seputar peningkatan kualitas pendidikan di awal masa jabatannya.

“Saya masih akan banyak mendengar dalam waktu-waktu satu bulan ini, sebelum mengambil keputusan yang strategis,” kata Mu’ti usai dilantik oleh Presiden Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024.

Cendikiawan Islam Indonesia dari organisasi Muhammadiyah itu mengatakan ingin banyak menyerap aspirasi dari berbagai kelompok serta melihat lebih dekat persoalan pendidikan untuk dikaji.

Dia menyebut ada banyak penelitian tentang pendidikan dan akan diperkuat dengan masukan-masukan dari masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan.

“Bahkan, juga masukan dari masyarakat yang tidak memiliki struktur sekalipun, masyarakat sebagai penerima jasa layanan pendidikan,” ungkapnya.

Selain itu, Abdul Mu’ti menyampaikan pesan Presiden Prabowo yang disampaikan secara khusus kepada dirinya.

“Tadi dalam sesi setelah pelantikan Presiden Prabowo secara khusus menyampaikan kepada saya untuk pertama meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah,” tuturnya.

Kemudian, kata Abdul Mu’ti, adalah upaya saling bersinergi antara satu kementerian dengan kementerian dan lembaga yang lainnya.

“Ini saya kira sebuah kepercayaan, sebuah amanah yang sangat besar karena kualitas bangsa kita di masa depan ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya,” ucapnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version