Gedung Kelas Rusak, Siswa SDN 2 Karangpatihan Ponorogo Terpaksa Pakai Ruang Darurat

RUSAK: Petugas memeriksa kondisi ruang kelas 4 SDN2 Karangpatihan yang rusak berat di bagian plafon atau langit-langit. (Antara/Lingkar.news)

RUSAK: Petugas memeriksa kondisi ruang kelas 4 SDN2 Karangpatihan yang rusak berat di bagian plafon atau langit-langit. (Antara/Lingkar.news)

PONOROGO, Lingkar.news – Imbas kondisi ruang kelas sekolah yang sudah rusak dan tidak layak, puluhan siswa SD Negeri 2 Karangpatihan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur terpaksa menggunakan ruang kelas darurat.

Salah satu guru SDN 2 Karangpatihan, Bambang Sutikno, mengungkapkan bahwa pihaknya sekolah terpaksa mengalihkan ruang kelas karena khawatir kondisi bangunan yang sudah rapuh menimpa siswa saat kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung.

“Sengaja kami alihkan ke kelas darurat, karena gedungnya (kelas) tidak layak. Kondisi bangunan sudah rapuh, rawan jika tetap digunakan,” kata Bambang di Ponorogo, Rabu, 24 Juli 2024.

Bambang menyebut kondisi memprihatinkan tersebut sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Akibatnya, pihak sekolah harus melakukan aktivitas belajar mengajar di luar kelas untuk sebagian siswa dengan memanfaatkan kelas darurat serta ruangan perpustakaan.

Dia menyebutkan ada tiga kelas yang dikosongkan, yakni kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Kemudian KBM untuk kelas 1 menggunakan ruang perpustakaan, kelas 2 dan kelas 3 menggunakan kelas darurat yang dibangun dengan secara sederhana.

Hal serupa juga dialami untuk ruang kelas 4 dan 5, namun pihak sekolah dan siswa lebih memilih bertahan, karena sudah tidak ada lagi ruang yang bisa digunakan.

“Kelas 1 sampai 5 kondisinya hampir sama, rusak semua. Kondisi atap sudah rapuh dan kuda-kudanya sudah melengkung,” katanya.

Dirinya mengaku pihak sekolah pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui Dana Alokasi Umum (DAU) untuk merenovasi ruang kelas. Namun, anggaran tersebut hanya cukup untuk renovasi kelas 6 dan kantor guru.

“Sudah pernah dapat bantuan dari Pemkab tahun 2022 dan 2023 untuk renovasi kelas 6 dan ruang guru, kalau harapannya ya mau dibangun ulang,” ujarnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version