Puluhan Warga Dilatih Ciptakan Motif Batik Khas Kendal

Puluhan Warga Dilatih Ciptakan Motif Batik Khas Kendal

KREATIF: Peserta sedang mengikuti pelatihan membatik di Halaman Kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). (Arvian Maulana/Lingkar.news)

KENDAL, Lingkar.news – Sebanyak 25 orang mengikuti pelatihan membatik yang digelar Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Kendal di Halaman Kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Desa Jenarsari, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pada Rabu, 29 Maret 2023.

Peserta yang terdiri dari perwakilan anggota TP PKK Kendal dan masyarakat umum ini diberi materi pelatihan membuat desain, mencanting, hingga mewarnai. Tujuannya adalah untuk mengembangkan keahlian membatik kepada masyarakat di Kabupaten Kendal terutama menciptakan model batik khas Kendal.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Lytria menjelaskan, ada 25 peserta yang mengikuti pelatihan membatik. Dirinya mengungkapkan, para peserta tersebut dilatih membatik agar dapat menjadi pembatik profesional dan dapat membuat batik khas Kendal yang saat ini masih dalam proses menciptakan motif khas yang bekerjasama dari desainer ternama Mel Akhyar.

“Harapannya nanti setelah kita sudah dapat motif batik khas Kendal setelah itu yang buat ya orang Kendal. Jadi peserta semuanya pinter membatik semua,” ujarnya.

Lytria mengungkapkan, para peserta tersebut sebelumnya juga telah mengikuti pelatihan membatik di Provinsi Jawa Tengah yang digelar di Klaten selama 12 hari.

Widji Astutik yang menjadi tutor pelatihan batik mengungkapkan, tema batik yang diusung pada pelatihan kali ini bertema “Batik Lawas”.

“Di sini ada motif daunnya, kendilnya juga, terus ada motif burung. Nanti kita juga akan memberikan pelatihan bagaimana memprodo yaitu membuat cantingan dari tinta emas,” bebernya.

Dirinya berharap, melalui pelatihan membatik, Kabupaten Kendal mempunyai pembatik-pembatik profesional, dan ke depan bisa membuka usaha sendiri. Selain itu, produk batik Kendal juga semakin dikenal dan berkembang di masyarakat. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Koran Lingkar)

Exit mobile version