Pencari Kerja Serbu Demak Job Fair 2023 di BLK, Rebutkan Ribuan Loker

Pencari Kerja Serbu Demak Job Fair 2023 di BLK, Rebutkan Ribuan Loker

RAMAI: Para pencari kerja mengunjungi stan-stan perusahaan di BLK Demak, Jawa Tengah. (Muhammad Burhanuddin Aslam/Lingkar.news)

DEMAK, Lingkar.news – Para pencari kerja menyerbu stan-stan perusahaan dalam gelaran Demak Job Fair 2023, yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Dinnakerind) Kabupaten Demak di Balai Latihan Kerja (BLK) Demak, Jawa Tengah.

Dari pantauan Wartawan Lingkar di lokasi, para pencari kerja didominasi pemuda tampak antusias mengunjungi stan-stan perusahaan yang menyediakan ribuan loker itu.

Demak Job Fair 2023 digelar selama 3 hari, mulai tanggal 6-8 Juli 2023 pukul 08.00-15.00 WIB di BLK Demak, dengan membuka 1.709 lowongan kerja.

Job Fair 2023, Upaya Dinnakerind Demak Turunkan Angka Pengangguran

Khusna, salah satu pencari kerja dari Kecamatan Bonang Kabupaten Demak mengatakan, Demak Job Fair 2023 sangat mempermudah para pencari kerja untuk melamar pekerjaan. Karena, menurutnya, perusahaan yang membuka lowongan sudah berkumpul di BLK Demak, sehingga lebih banyak pilihan dan tidak perlu jauh-jauh datang ke alamat perusahaan.

“Job Fair sangat membantu, karena teman-teman menjadi lebih mudah (mencari kerja, red) dan lebih banyak pilihan perusahaan,” kata Khusna, pada Jum’at, 7 Juli 2023.

Dirinya yang merupakan lulusan SMA tahun lalu, sedang mencari kerja sesuai keahlian yang dimiliki.

Dinnakerind Demak Gelar Job Fair Diikuti 33 Perusahaan, Ini Daftarnya

“Saat ini ingin melihat-lihat (lowongan kerja, red) dulu. Kalau nanti ada lowongan pekerjaan yang saya rasa pas dengan keahlian saya, baru nanti melamar di situ (perusahaan, red),” terangnya.

Senada, Farhat yang berasal dari Desa Wilalung, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, mengatakan bahwa dirinya merasa terbantu dengan digelarnya Job Fair di BLK Demak.

Ia mengaku memperoleh informasi Job Fair dari media sosial. Melalui Demak Job Fair 2023, ia pun melamar kerja ke pabrik mainan CV Jaya Setia Plastik.

Dinnakerind Demak Gelar Job Fair 6-8 Juli 2023, Tersedia 1.000 Loker

“Awalnya melihat informasi di media sosial, kalau ada Job Fair di BLK Demak,” kata Farhat.

Alasan Farhat memilih melamar kerja ke CV Jaya Setia Plastik (JSP), karena menurutnya, jarak tempuh dari rumah sampai ke perusahaan tersebut cukup dekat.

“Tadi melamar (kerja, red) di pabrik mainan (CV Jaya Setia Plastik, red) saja. Karena kan dekat juga dengan rumah,” ucapnya.

Selain itu tambahnya, perusahaan-perusahaan yang lain rata-rata beralamat di Kecamatan Sayung.

“Kalau pabrik-pabrik yang lain itu kebanyakan di daerah (Kecamatan, red) Sayung. Jadi, kurang minat karena macet juga,” jelasnya.

Fasilitasi Pencari Kerja, Dinnakerind Demak Gelar Job Fair Bulan Juli 2023

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Dinnakerind) Kabupaten Demak, Agus Kriyanto mengatakan bahwa, Demak Job Fair 2023 bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan antara para pencari kerja dan perusahaan.

“Jadi, Job Fair bertujuan untuk mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan,” kata Agus Kriyanto.

Dirinya berharap, Demak Job Fair 2023 bisa membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan, agar angka pengangguran di Demak bisa menurun.

“Semoga yang belum bekerja bisa mendapatkan pekerjaan di sini (Job Fair, red) dan pengangguran di Demak bisa berkurang, demi mencapai Demak Bermartabat, Maju, dan Sejahtera,” pungkasnya. (Lingkar Network | Muhammad Burhanuddin Aslam – Koran Lingkar)

Exit mobile version