Kirab 1 Suro, Pura Mangkunegaran Siapkan Rute Lebih Panjang

Pengageng Praja Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X (kiri) memberikan keterangan mengenai pelaksanaan kirab 1 Sura kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Jumat, 28 Juni 2024. (Antara/Lingkar.news)

Pengageng Praja Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X (kiri) memberikan keterangan mengenai pelaksanaan kirab 1 Sura kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Jumat, 28 Juni 2024. (Antara/Lingkar.news)

SOLO, Lingkar.news Pura Mangkunegaran di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah mempersiapkan kirab 1 Suro yang akan diselenggarakan pada Minggu, 7 Juli 2024 jam 19.00 WIB untuk menyambut tahun baru dalam penanggalan Jawa.

Pengageng Praja Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan bahwa sebagaimana pada tahun sebelumnya, kirab tahun ini akan dilaksanakan berpegang pada tradisi dan pakem.

“Namun dengan adanya penyesuaian, mengingat banyak yang hadir dan terlibat,” ujar KGPAA Mangkoenagoro X, Jumat, 28 Juni 2024.

Rute kirab 1 Suro kali ini diperpanjang. Sebelumnya peserta kirab hanya mengitari bangunan Pura Mangkunegaran, tetapi kini rute kirab sampai ke Jalan Slamet Riyadi.

“Kami menarik lebih jauh ke Ngarsopuro hingga Slamet Riyadi. Dengan dibangunnya koridor Ngarsopuro harapannya secara kebudayaan bisa lebih melibatkan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

KGPAA Mangkoenagoro X juga menjelaskan bahwa kirab 1 Suro mencakup tapa bisu atau berjalan dalam kesunyian.

“Ini sebagai upaya untuk mewujudkan kebebasan batin dari gangguan hawa nafsu dan emosi, serta memperoleh keseimbangan batin dalam memasuki tahun yang baru,” tuturnya.

Dia mengatakan bahwa pusaka-pusaka milik Pura Mangkunegaran juga akan dikirab. “Jumlah pusaka nanti lihat di hari H,” sambungnya.

KGPAA Mangkoenagoro X​​​​​​​ menyampaikan masyarakat diperbolehkan mengikuti kirab 1 Suro nanti.

“Kalau ikut kirab kami akan senang sekali, yang penting sama-sama nyengkuyung (mendukung) kebudayaan dengan rasa kebersamaan,” pungkasnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version