Dinnakerind Demak Gelar Job Fair 2023, Sediakan 1.129 Lowongan Kerja

SAMBUTAN: Kepala Dinnakerind Kabupaten Demak Agus Kriyanto saat memberikan sambutan dalam kegiatan Job Fair di SMKN 1 Demak, Rabu, 23 Agustus 2023. (M Burhanuddin Aslam/Lingkar.news)

SAMBUTAN: Kepala Dinnakerind Kabupaten Demak Agus Kriyanto saat memberikan sambutan dalam kegiatan Job Fair di SMKN 1 Demak, Rabu, 23 Agustus 2023. (M Burhanuddin Aslam/Lingkar.news)

DEMAK, Lingkar.news SMKN 1 Demak bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Dinnakerind) Kabupaten Demak menggelar Job Fair 2023 yang menghadirkan 29 perusahaan dengan 1.129 lowongan kerja. Job Fair tersebut bertempat di Aula SMKN 1 Demak.

Kepala Dinnakerind Kabupaten Demak Agus Kriyanto mengatakan, dalam gelaran Job Fair ini, perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja bisa langsung menginformasikan lowongan pekerjaan kepada para siswa.

“Perusahaan juga bisa langsung melakukan seleksi awal untuk mencari calon tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan perusahaan. Sedangkan pencari kerja dapat mengetahui informasi lowongan kerja yang up to date dan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya,” katanya, Rabu, 23 Agustus 2023.

Agus menyebut, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2022, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Demak sebesar 6,11 persen. Sementara di tahun 2023 ini, hingga bulan Juni ada 4.450 pencari kerja terdaftar, dimana kurang lebih 30 persen atau 1.370 orang diantaranya adalah lulusan SMK.

“Ini menunjukkan PR kita masih cukup banyak untuk bisa menurunkan angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Demak. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan mempertemukan para pencari kerja dengan para pemberi kerja dalam satu tempat yaitu Bursa Kerja atau Job Fair, sehingga para pencari kerja bisa segera bekerja,” tuturnya.

Menurutnya, permasalahan ketenagakerjaan terutama pencari kerja di Kabupaten Demak menjadi tanggung jawab bersama.

“Bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja untuk menyelesaikannya, namun diperlukan peran aktif masyarakat, baik dari pihak pemberi kerja/perusahaan, para pengusaha, ataupun para pencari kerja serta stakeholder terkait yang berhubungan dengan ketenagakerjaan termasuk Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di SMK-SMK,” jelasnya.

Pihaknya pun mengimbau para siswa untuk memanfaatkan sebaik-baiknya informasi yang didapat dalam Job Fair ini, terkhusus bagi lulusan SMK serta para pencari kerja.

“Dalam pertemuan job fair kali ini, silahkan manfaatkan kegiatan ini. Terkhusus untuk anak-anakku lulusan SMK serta pencari kerja pada umumnya untuk mencari pengalaman dalam dunia kerja dan melangkah maju dengan penuh semangat guna mendapatkan pekerjaan yang barokah dan sesuai harapan,” tandasnya. (Lingkar Network | M Burhanuddin Aslam – Lingkar.news)

Exit mobile version