BPBD Jateng Ungkap Kronologi Kebakaran Gunung Telomoyo Semarang

BPBD Jateng Ungkap Kronologi Kebakaran Gunung Telomoyo Semarang

Kebakaran melanda Gunung Telomoyo

Semarang, Lingkar.news – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah membeberkan kronologi dari peristiwa kebakaran lahan dan hutan milik Perhutani, di lereng Gunung Telomoyo pada Rabu (18/9) sekitar jam 17.30 WIB.

Kepala BPBD Jawa Tengah, Bergas Catursari Penanggungan menjelaskan jika kronologi awal terjadinya kebakaran di Gunung Telomoyo itu dikarenakan ada sejumlah warga yang membakar reruputan di lereng Gunung Telomoyo itu.

“Awal mula terjadinya kebakaran itu dikarenakan ada warga yang membakar rumput dan seresah daun, lalu api itu menjalar naik ke atas Gunung Telomoyo itu,” ungkapnya, saat dihubungi awak media, Rabu (18/9) malam.

Bergas Catursari juga menjelaskan, bahwa titik api kebakaran di Gunung Telomoyo itu ada di lereng dan jurang Gunung Telomoyo, di atas pemukiman warga di Dusun Dangklik, Desa Tolokan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

“Dan untuk titik api kebakaran di Gunung Telomoyo itu, berada di Petak 20 BKPH Ambarawa KPH Kedu Utara Gunung Telomoyo, di Dusun Dangklik, Desa Tolokan, Kecamatan Getasan, yang masuk di wilayah Kabupaten Semarang,” paparnya.

Diperkirakan, luasan lahan di Gunung Telomoyo yang terbakar mencapai 1,5 Hektare (Ha) berdasarkan pada keterangan dari pihak Polsek Getasan.

“Tapi dari kami dampak yang disebabkan dari kebakaran Gunung Telomoyo ini masih dalam assesment kami, tapi jarak titik kebakaran dengan pemukiman warga dibawahnya kurang lebihnya hany berjarak 2 kilometer,” imbuh dia.

Untuk itu, lanjut Bergas Catursari sampai sejauh ini kondisi dari kebakaran Gunung Telomoyo itu masih bisa dikatakan aman, meski api hingga jam 22.45 WIB belum bisa dipadamkan secara manual oleh relawan dan petugas gabungan.

“Namun kami masih terus melakukan pemantauan sekaligus antisipasi penyebaran ke wilayah pemukiman warga, sekaligus tetap melakukan upaya pemadaman api,” katanya.

Disisi lain, Kepala BPBD Kabupaten Semarang, Alexander Gunawan Tribiantoro di lokasi pemukiman warga di Dusun Dangklik, Desa Tolokan, Getasan menambahkan pihaknya memastikan tidak ada pendaki yang terjebak atas kejadian kebakaran di Gunung Telomoyo itu.

“Tidak ada yang terjebak untuk pendaki ataupun warga, dan sampai saat ini kami masih terus melalukan pemantauan serta melalukan berbagI upaya pemadaman dengan membuat sekat-sekat api supaya tidak meluas kebakaran ini,” pungkasnya.(hes)

Exit mobile version