Rekomendasi Objek Wisata di 5 Kota Favorit Indonesia

Rekomendasi-Objek-Wisata-di-5-Kota-Favorit-Indonesia

Ilustrasi kawasan wisata Lombok (Pexels/Lingkar.news)

Lingkar.news Bagi sebagian orang, tahun ini mungkin tepat untuk mengeksplorasi destinasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, setelah cukup lama membatasi bepergian lantaran pandemi COVID-19.

Ada banyak tempat-tempat menarik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan traveling di tahun ini, mulai dari destinasi alam hingga sejarah dan budaya. Berikut ini deretan ide liburan di lima kota favorit Indonesia, yaitu:

1. Lombok

Saat ke Lombok, Pantai Kuta Lombok yang kerap dijuluki Pantai Merica lantaran tekstur pasirnya mirip dengan merica, bisa menjadi salah satu pilihan. Pantai dengan hamparan pasir putih yang masih alami ini juga dikelilingi perbukitan indah.

Selanjutnya, kunjungilah Desa Sukarara untuk melihat kehidupan warga desa yang begitu cakap dalam menghasilkan kerajinan tenun yang unik. Jangan lewatkan berkunjung ke Bukit Merese, untuk melihat momen matahari terbit atau terbenam sambil menikmati panorama Pantai Tanjung Aan dan Batu Payung yang airnya begitu jernih dan dihiasi ragam terumbu karang.

Berkunjung ke Pura Batu Bolong di kawasan Pantai Senggigi juga bisa jadi pilihan berikutnya. Sebab, kawasan ini menyajikan suasana khas seperti Tanah Lot Bali. Pura ini sudah berumur ratusan tahun, tapi tetap kokoh berdiri di tepian laut yang menghadirkan panorama indah.

Perjalanan berikutnya yakni menjelajahi Puncak Pergasingan di Desa Sembalun untuk melihat pemandangan menakjubkan petak-petak sawah berwarna-warni milik masyarakat setempat.

2. Banyuwangi

Pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbit di Pantai Watu Karung sembari melihat keunikan batu-batu besar yang terletak di tepi pantainya.

Selanjutnya, kunjungi Taman Nasional Alas Purwo untuk menikmati paket wisata lengkap berupa kawasan savana, wisata budaya, hutan mangrove, gua kuno hingga deretan pantai. Di sini juga terdapat sekitar 700 jenis flora, 50 jenis mamalia, 320 jenis burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil.

Setelah itu, rasakan nuansa ala negeri dongeng dengan berkunjung ke Jawatan Benculuk yang menyajikan panorama seperti Hutan Fangorn dalam film Lord of The Rings.

Lalu, nikmatilah sajian kuliner di berbagai tempat menarik, seperti Sego Tempong Mbok Nah, Ayam Pedas Rantinem, Sego Cawuk Bu Mantih, Warung Mbak Sumi hingga Pecinan Street Food di kawasan Klenteng Hoo Tong Bio.

Selain itu, Anda bisa berkunjung ke Kawah Ijen untuk melihat panorama kawah hijaunya yang indah, kehidupan petambang belerang yang ikonik, dan fenomena unik Blue Fire.

Terakhir, cobalah berkunjung ke Teluk Hijau atau Green Bay yang menyajikan pemandangan indah air berwarna hijau turquoise dengan pasir putih lembut dan area pepohonan yang menyejukkan.

3. Medan

Berkunjung ke Tjong A Fie Mansion untuk melihat warisan sejarah dan budaya tiongkok di Kota Medan merupakan pilihan menarik lantaran bangunannya yang unik dengan kombinasi arsitektur Cina, Eropa, dan Melayu.

Setelah itu, bisa menjelajah Istana Maimun yang megah dengan perpaduan desain interior unsur Melayu, Islam, Spanyol, India, Belanda, dan Italia. Selanjutnya, cobalah merasakan nuansa Eropa zaman dahulu dengan menelusuri Jalan Kesawan.

Jalan ini memiliki beragam spot dan objek latar foto yang unik, salah satunya adalah Gedung London Sumatra.

Segarkan fisik dan pikiran dengan menikmati Wisata Pemandian Air Panas Sipoholon, sambil menyaksikan panorama indah barisan bukit kapur yang cantik seperti salju dan air belerang biru kehijauan yang memanjakan mata.

Kemudian, cobalah berkunjung ke salah satu vihara terbesar di Indonesia, yakni Vihara Cemara Asri yang berada di dekat danau kecil yang asri. Selanjutnya, pengunjung bisa melihat pemandangan luar biasa dari Air Terjun Sipiso Piso yang terletak tak jauh dari kawasan Danau Toba.

4. Bali

Bangunlah sepagi mungkin dan persiapkan diri ke Desa Pinggan, Kintamani untuk berburu matahari terbit dengan efek kabut menakjubkan. Pemandangannya semakin ciamik berkat lanskap hijau Desa Pinggan dengan latar pegunungan yang megah.

Selain itu, cobalah menyaksikan kehidupan masyarakat Desa Trunyan, khususnya cara pemakaman tradisionalnya. Tak jauh dari sana, kunjungilah Pura Pancering Jagat untuk melihat situs keagamaan yang memiliki patung setinggi 4 meter bernama Datonta, yang diperkirakan berasal dari zaman Megalitik.

Lalu, lanjutkan agenda perjalanan dengan melihat pemandangan indah Danau Batur.

Di hari berikutnya, cobalah ke Nusa Penida untuk menikmati berbagai objek wisata populer, seperti menjelajah rerumputan hijau yang membentang indah di Bukit Teletubbies pada pagi hari, melihat kolam alam Angel’s Billabong dengan airnya yang sangat jernih, menyelam di Malibu Point untuk melihat panorama terumbu karang indah, hingga berfoto di Rumah Pohon Batu Molenteng.

Terakhir, tutup perjalanan dengan wisata belanja ke Krisna Oleh-oleh Khas Bali, Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Kuta, Pasar Seni Ubud, dan The Keranjang Bali.

5. Palembang

Apabila memutuskan liburan ke Palembang, kunjungilah Masjid Cheng Ho untuk melihat kemegahan arsitektur masjid dengan perpaduan budaya Palembang, Tionghoa, dan Arab.

Selanjutnya, piknik di Taman Wisata Alam Punti Kayu sekaligus mencoba berbagai wahana permainan, seperti flying fox, farm zone, replika keajaiban dunia, dan sebagainya.

Lalu coba telusuri Jalan Sekanak, kawasan kota tua di Palembang yang menyimpan banyak cerita sejarah. Jangan lupa untuk mampir ke Sekanak Sidewalk untuk berburu foto di spot warna-warni yang Instagramable.

Selain itu, ada Pulau Kemaro yang pernah menjadi salah satu pusat kerajaan bahari terbesar. Di sini, terdapat situs-situs sejarah mulai dari Pagoda berlantai 9, Klenteng Hok Tjing Rio, pohon cinta, hingga makam penunggu pulau.

Perjalanan bisa ditutup dengan mengunjungi Jembatan Ampera pada sore jelang malam hari untuk melihat keindahan Kota Palembang.

Jangan lewatkan berburu kuliner lezat di sekitarnya, seperti Rumah Makan Terapung Mbok Sri, Riverside Restaurant, Kampung Kapitan Seafood Restaurant, Warung Terapung Cek Merry atau Dermaga Point. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version