Penting! Ini 6 Tips Tubuh Tidak Cepat Lelah saat Berpuasa

ILUSTRASI: Seseorang mengalami kelelahan saat menjalankan ibadah puasa. (Freepik @jcomp/Lingkar.news)

ILUSTRASI: Seseorang mengalami kelelahan saat menjalankan ibadah puasa. (Freepik @jcomp/Lingkar.news)

Lingkar.news Puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib bagi umat Islam di seluruh dunia. Durasi waktu puasa di setiap negara pun berbeda-beda mulai dari 8 jam bahkan hampir 23 jam. Oleh karena itu menjalankan ibadah puasa butuh persiapab fisik dan mental agar ibadah berjalan lancar.

Perubahan jam biologis secara drastis dapat mempengaruhi produktivitas individu. Selain itu sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu, puasa dapat membuat tubuh cepat lelah dan lemas khususnya pada hari-hari awal puasa karena tubuh masih beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Berikut ini adalah beberapa tips agar tidak cepat lelah selama menjalani puasa.

1. Sahur yang Bergizi

Jika pada hari-hari biasanya orang mulai konsumsi pada pagi hari, maka jam makan saat bulan Ramadhan akan berbeda dan bergeser lebih awal. Sahur adalah waktu makan yang penting sebelum berpuasa. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin untuk memberikan energi yang cukup untuk seharian.

2. Hindari Makanan Berlemak dan Berat

Sebagian orang mungkin berpikiran makan berat dengan kandungan karbohidrat tinggi akan membuat rasa kenyang bertahan lama. Namun makanan berat ditambah berlemak dapat membuat lambung menjadi tidak nyaman dan menyebabkan perut terasa begah. Oleh karena itu pilihlah menu makan sahur yang ringan dan mudah dicerna, juga mencukupi gizi harian.

3. Hindari Minuman Berkafein

Tips aman agar tidak cepat lelah saat puasa adalah menghindari konsumsi minuman berkafein saat sahur. Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi. Minuman berkafein memiliki efek diuretin yang memicu tubuh cepat haus dan ingin buang air kecil lebih sering. Cairan dalam tubuh yang cepat terkuras akan membuat tubuh cepat lelah dan lemas serta tidak fokus saat beraktivitas.

4. Olahraga Ringan

Saat puasa, sistem pencernaan sedang mendetoksifikasi tubuh sehingga efek puasa selama sebulan dapat memberikan efek kesehatan yang bagus. Olahraga ringan meskipun sedang berpuasa juga baik dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Berolahraga ringan seperti jalan kaki atau senam ringan dapat membantu meningkatkan energi dan menjaga kebugaran tubuh. Lakukan olahraga ini di waktu yang tepat seperti sebelum berbuka atau setelah tarawih. Tubuh yang bugar tidak akan membuat kita merasa cepat lelah meski sedang berpuasa.

5. Istirahat Cukup

Bulan Ramadhan memang banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk memperbanyak ibadah. Namun, kamu juga perlu tahu batas kemampuan tubuh. Jangan sampai memforsir tubuh yang justru dapat membuat tubuh terlalu lelah hingga jatuh sakit. Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat atau melelahkan saat puasa. Usahakan untuk membagi waktu istirahat dan aktivitas dengan baik. Usahakan untuk tidur yang cukup untuk membantu tubuh memulihkan energi dan mengurangi rasa lelah.

6. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Kebutuhan cairan tubuh harus tercukupi saat menjalan ibadah di bulan Ramadhan. Konsumsi air putih yang cukup adalah kunci agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah lelah saat puasa. Konsumsilah 1 – 2,5 liter atau setara 6 – 8 gelas air putih setiap harinya. Terapkan pola 2-4-2 yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas saat sahur.

Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan umat Islam dapat menjalani ibadah puasa dengan nyaman dan tak merasa cepat lelah. Selamat menjalankan ibadah puasa! (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version