Bebas Worry, Ini 5 Ide Camilan Sehat yang Tak Bikin Gemuk

Bebas-Worry,-Ini-5-Ide-Camilan-Sehat-yang-Tak-Bikin-Gemuk

Lingkar.news – Makanan ringan bisa menjadi pengganjal lapar. Tetapi, jika kamu tidak hati-hati memilih jenisnya dan kandungannya, camilan dapat menjadi menggagalkan dietmu.

Oleh karena itu, kamu harus memilih camilan yang tepat. Hal ini karena, memilih camilan bergizi, yang tinggi serat dan protein membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi dalam sehari.

1. Popsicle buah

ILUSTRASI: Popsicle yang terbuat dari buah-buahan. (Freepik/Lingkar.news)

Camilan sehat pertama yaitu popsicle buah. Kamu bisa mengkreasikan buah-buahan menjadi popsicle yang enak dan segar.

Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan potongan buah-buahan dan memasukkan jelly yang rendah gula.

Selain itu, kamu juga bisa memblender buah-buahan dengan sedikit tambahan air sebelum dimasukkan ke dalam popsicle.

2. Puding Chia

ILUSTRASI: Puding Chia. (Racool_studio from Freepik/Lingkar.news)

Camilan sehat yang kedua adalah pudding chia. Chia seed mengandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, dan omega-3 serta omega-6.

Selain itu, biji-bijian ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, selenium, kalium, zat besi, dan magnesium.

Chia seed juga mengandung sejumlah antioksidan, seperti asam klorogenik, caffeic acid, quercetin, dan kaempferol.

Untuk mengolahnya menjadi puding, kamu cukup merendam biji chia semalaman dengan susu rendah lemak, susu almond, atau susu kedelai.

3. Yoghurt

ILUSTRASI: Plain yoghurt. (Jcomp from Freepik/Lingkar.news)

Camilan sehat yang ketiga adalah yoghurt. Perlu diperhatikan ya, jenis yoghurt yang disarankan untuk yaitu plain atau greek yoghurt.

Yoghurt bermanfaat untuk melancarkan pencernaan karena ada kandungan probiotik, dan baik untuk peningkatan kekebalan tubuh.

Yoghurt juga menjadi sumber protein, jaga kesehatan tulang dan gigi, serta membantu menurunkan berat badan.

4. Keripik kale

SEGAR: Kumpulan daun kale yang tampak segar. (Freepik/Lingkar.news)

Camilan sehat yang keempat adalah Keripik kale. Dengan memasukkan kale mentah dengan tambahan minyak zaitun, garam, dan lada, lalu memanggangnya dalam oven selama 20 menit, maka akan menghasilkan keripik renyah yang bisa dinikmati kapan saja sebagai camilan cepat. Satu ons atau 28 gram keripik kale hanya mengandung sekitar 122 kalori.

Kale mengandung asam lemak omega-3, mangan, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), dan niasin (vitamin B3), serta berbagai senyawa antioksidan, seperti beta karoten, flavonoid, dan polifenol.

5. Kacang-kacangan

ILUSTRASI: Kacang almond, salah satu jenis kacang-kacangan. (Jcomp from Freepik/Lingkar.news)

Beragam jenis kacang, seperti kacang almond, kacang tanah, dan kacang mete, kaya akan protein dan serat, serta dapat menjadi makanan ringan yang mudah dibawa ke mana-mana.

Edamame dan kacang kedelai muda juga dapat menjadi pilihan yang baik. Satu cangkir edamame mengandung 17 gram protein dan 180 kalori, serta zat besi, magnesium, dan folat.

Itulah 5 ide camilan sehat yang bisa kamu konsumsi tanpa khawatir gemuk. (Lingkar Network | Shinta – Lingkar.news)

Exit mobile version