5 Tempat Angker di Indonesia yang Diangkat Jadi Film

5-Tempat-Angker-di-Indonesia-yang-Diangkat-Jadi-Film

Rumah Gurita, salah satu tempat angker yang diangkat jadi film. (Instagram @sejarahkotabandung/Lingkar.news)

Lingkar.news – Tempat-tempat yang dikenal angker, tak hanya sebagai tempat untuk para pencari konten yang berbau-bau mistis. Namun juga ada yang diangkat menjadi film dengan berbagai kisah mistisnya.

Berikut ini ada beberapa tempat angker di Indonesia yang pernah diangkat menjadi film, di antaranya:

1. TPU Jeruk Purut, Jakarta

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut berlokasi di Jalan Jeruk Purut, Kelurahan Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

TPU ini terkenal dengan kisah hantu pastur berkepala buntung. Kisah tersebut pernah diangkat ke film berjudul Hantu Jeruk Purut.

Koya Prayoga selaku sutradara Hantu Jeruk Purut, berhasil menceritakan sosok pastor tanpa kepala yang bergentayangan di sekitar makam.

TPU sebenarnya dirawat dengan baik, namun pada tahun 1986 penjaga makam melihat hantu yang bergentayangan di sekitar pemakaman tersebut.

Dikatakan, jika hantu tersebut memakai baju menyerupai pastur dan membawa kepala dirinya sendiri yang di pegang serta diikuti oleh anjing hitam yang besar.

Kesaksian Bapak penjaga makam ini pun menyebar luas, dan kemudian diyakini oleh masyarakat sampai sekarang.

2. Desa Lemahbangdewo, Banyuwangi

Desa Lemahbangdewo, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pernah menjadi lokasi syuting film yang berjudul Perempuan Tanah Jahanam.

Di sana terdapat rumah yang dibiarkan terbuka tanpa pintu atau pun jendela serta tembok yang sudah dipenuhi lumut. Sehingga memang tak heran rumah ini digunakan sebagai tempat syuting film horor.

Konon, bangunan asli rumah tersebut memang mengandung aura mistis, bahkan tampak dari bentuk fisik luarnya.

Diketahui bahwa, rumah tua ini sudah dibangun sejak jaman penjajahan Belanda. Hal ini terlihat dari model bangunannya yang klasik.

3. Pulau Satonda, NTB

Pulau Satonda terletak di Dompu, Nusa Tenggara Barat. Danau yang berada di tengah pulau pun juga bukan danau air tawar, melainkan danau air asin.

Cerita legenda nan mistis juga melekat di Pulau Satonda. Konon, dulunya ini merupakan tempat pengasingan Puteri Dae Minga. Ia adalah seorang puteri kerajaan Sanggar yang sangat cantik.

Pulau ini diangkat ke dalam film yang berjudul Jailangkung. Dalam fil tersebut, diceritakan bahwa pulau yang dikunjungi sebenarnya tidak berpenghuni dan hanya terdapat satu rumah yang terbengkalai.

Namun mitosnya, sebenarnya memang pulau tersebut tidak berpenghuni, tetapi saat ini sudah banyak sejumlah villa dan resort di sana.

4. Rumah Gurita

Rumah gurita yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini disebut-sebut sebagai urban legend karena banyaknya misteri dan cerita-cerita horor yang dipercayai oleh masyarakat.

Misteri yang paling lekat hingga sekarang adalah rumah gurita tersebut sebagai tempat dilakukannya ritual-ritual sesat.

Rumah itu terdapat patung gurita raksasa yang berada di atap rumah. Gurita raksasa itu berwarna hitam dan dihiasi dengan mata yang berwarna merah.

Kisah dalam rumah ini diangkat ke dalam film berjudul “Rumah Gurita”.

5. Rumah di Jalan Magelang, Yogyakarta

Rumah yang terletak di Jalan Magelang, Yogyakarta hangat diperbincangkan pada tahun 2016. Rumah ini menyimpan cerita mistis, salah satunya terdapat sosok nenek yang berjalan mondar-mandir di koridor rumah tersebut.

Selain itu juga muncul aroma aneh yang tercium dari dalam rumah.

Kisah ini kemudian diangkat menjadi cerita novel dan film pada tahun 2017 dengan judul Rumah Keluarga Tak Kasat Mata.

Itulah beberapa tempat angker di Indonesia yang pernah di angkat menjadi film horor. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version