5 Jenis Pekerjaan Freelance yang Ramah untuk Pemula

ILUSTRASI: Seorang perempuan sedang mengerjakan pekerjaan freelance. (Freepik @artursafronovvvv/Lingkar.news)

ILUSTRASI: Seorang perempuan sedang mengerjakan pekerjaan freelance. (Freepik @artursafronovvvv/Lingkar.news)

Lingkar.news – Dewasa ini pekerjaan freelance bisa menjadi jalan ninja mencari pendapatan tambahan maupun untuk mengisi waktu luang tapi tetap cuan. Bekerja secara freelance cenderung lebih santai karena bisa dikerjakan dimana saja tanpa terikat jam kerja.

Pekerjaan freelance juga bisa menjadi pilihan bagi orang-orang yang memang tidak ingin bekerja di kantor dengan berbagai aturannya.

Peluang pekerjaan freelance sangat besar di dunia yang serba digital, mulai dari jenis pekerjaan administratif hingga seni kreatif. Nah, berikut ini daftar pekerjaan freelance yang ramah untuk pemula.

1. Admin Media Sosial

Banyak sekali pelaku UMKM dan bisnis memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dagangan maupun jasa. Namun tidak semua orang punya waktu untuk mengelola media sosial sedemekian rupa. Oleh sebab itu saat ini banyak sekali pelaku bisnis yang membutuhkan tenaga sebagai admin media sosial untuk mengurus promosi maupun membuat konten untuk produk-produknya. Admin media sosial bisa menjadi peluang pekerjaan freelance bagi kamu yang memang aktif di dunia maya.

2. Data Entry

Pekerjaan freelance yang ramah untuk pemula adalah data entry. Skill data entry cukup mudah untuk dipelajari selama mamahami tools atau perangkat yang dibutuhkan. Keterampilan mengetik dan jeli membaca dalam membaca dan memindah data adalah skill yang paling penting untuk pekerjaan ini.

3. Menulis Konten

Salah satu pekerjaan freelance yang populer ditawarkan adalah menulis konten. Penulisan konten pun bermacam-macam ada yang berupa artikel, takarir media sosial dan lain sebagainya. Jika kamu mempunyai kemampuan menulis yang baik serta senang memahami tren masa kini maka menulis konten bisa jadi ladang cuan selain pekerjaan utama.

4. Desain Grafis

Dunia digital membuka peluang luas untuk para kreator seni digital, sehingga tak heran posisi sebagai desainer grafis kerap masuk pada berbagai lowongan pekerjaan di bidang apapun. Pekerjaan sebagai desainer bisa jadi pekerjaan freelance yang menjanjikan, apalagi saat ini banyak sekali platform desain grafis yang mudah diakses seperti Canva.

5. Pengajar Les Umum dan Privat

Jika kamu baru lulus kuliah dan belum mendapatkan pekerjaan, membuka jasa les umum dan privat bisa jadi cara untuk menghasilkan cuan. Kamu tidak hanya mentransfer ilmu yang telah dipelajari tapi sekaligus mendapatkan penghasilan. Dengan kemajuan teknologi, mengajar les bisa menjadi lebih mudah karena kamu bisa mengakses materi dari internet. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version