5 Buah Langka dan Terancam Punah di Indonesia

5-Buah-Langka-dan-Terancam-Punah-di-Indonesia

ILUSTRASI: Buah Gandaria, salah satu buah langka dan terancam punah di Indonesia. (Instagram @kulineranlokal_/Lingkar.news)

Lingkar.news – Indonesia termasuk daerah tropis yang memiliki berbagai macam buah. Mulai dari buah yang mudah ditemui hingga macam-macam buah langka. Buah-buah yang jarang ditemui atau terbilang langka tersebut biasanya hanya terdapat di beberapa daerah saja.

Berikut ini ada rangkuman tentang buah-buahan yang langka di Indonesia. Apa saja?

Mengenal Buah Kenari Maluku dan Ragam Manfaatnya

1. Buah Lobi-Lobi

Buah langka pertama adalah buah lobi-lobi. Rasa buah lobi-lobi cenderung asam dan sedikit manis. Buah lobi-lobi ini sangat cocok dijadikan rujak, diolah menjadi manisan, asinan, dan selai.

Buah lobi-lobi mempunyai beberapa kandungan seperti vitamin C, protein, mineral, serat, antioksidan dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Buah lobi-lobi mempunyai berbagai macam khasiat seperti, untuk mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan melancarkan sistem pencernaan.

Mengulik Lemon Zest, Kulit Lemon yang Bisa Jadi Bahan Masakan

2. Buah Lai

Buah langka kedua adalah buah lai. Buah ini punya tampilan yang mirip dengan buah durian. Namun yang membedakan adalah daging buah lai berwarna oranye.

Buah lai bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak suka dengan durian yang berbau menyengat, karena buah berwarna oranye tersebut tidak berbau.

3. Buah Manau

Buah langka ketiga adalah buah manau atau buah rotan. Nama ilmiahnya adalah Calameae. Buah ini merupakan buah asli Indonesia. Rasa buah ini perpaduan asam dan manis, bercampur sepat pada lidah seperti memakan salak mentah.

Buah manau berkhasiat untuk menguatkan tulang, menjaga kesehatan otot, dan menyehatkan gigi.

Buah ini juga bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan mata, dan menyembuhkan sariawan.

4. Buah Gandaria

Buah langka keempat adalah buah gandaria. Gandaria yang bernama latin Bouea macrophylla Griffith adalah salah satu jenis tanaman buah tropis di Indonesia yang menyebar dari kawasan Sumatra, Jawa, Kalimantan, hingga Ambon.

Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut manis dan dapat dimakan langsung. Buah ini tak hanya enak dimakan, tetapi juga menyehatkan karena memiliki beberapa khasiat yang dipercaya sebagai antioksidan.

Beberapa manfaat buah gandaria yaitu mempercepat proses penyembuhan, mencegah risiko diabetes, dan menjaga kesehatan organ paru-paru.

5. Buah Bisbul

Buah langka kelima adalah buah bisbul. Buah bisbul yang kerap disebut buah mentega ini memiliki aroma yang khas dan warna kulit yang menarik.

Ketika sudah matang, buah ini berwarna merah tua campur kekuningan, berukuran besar, bulat, dan agak pipih. Seluruh permukaan buah tertutup oleh bulu–bulu beludru berwarna merah kecoklatan.

Dilihat dari bentuk fisik buahnya, buah mentega mirip dengan buah apel sehingga juga memiliki sebutan velvet apple atau apel beludru.

Itulah sedikit ulasan tentang 5 buah langka di Indonesia. Apakah kamu sudah pernah melihat buah-buah tersebut?. (Lingkar Network | Shinta – Lingkar.news)

Exit mobile version