10 Makanan Rumahan Sehat dan Mudah Dibuat

10 Makanan Rumahan Sehat dan Mudah Dibuat

TERSAJI: Sup kacang hijau, salah satu makanan rumahan sehat dan mudah dibuat. (Instagram @regunancha/Lingkar.news)

Lingkar.news – Makanan rumahan biasanya menjadi menu favorit keluarga. Bahan-bahan sayuran yang ada pun bisa diolah menjadi makanan yang menggugah selera dan tentunya sehat.

Makanan rumah juga menjadi masakan yang mudah dan praktis dibuat. Berikut adalah beberapa contoh makanan rumahan yang mudah dibuat dan sehat:

1. Salad

Makanan rumahan sehat yang pertama adalah salad. Gabungan sayuran hijau segar seperti selada, bayam, kale, mentimun, tomat dan paprika dengan saus dressing rendah lemak.

2. Smoothie

Makanan rumahan sehat yang kedua adalah Smoothie. Smoothie sehat dapat dibuat dengan campuran buah segar, yoghurt plain, dan air. Bahan-bahan ini dapat diubah-ubah sesuai selera dan tersedia di rumah.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan yang sehat dan mudah dibuat. Campurkan oatmeal dengan susu rendah lemak atau air, lalu tambahkan buah-buahan segar, kacang-kacangan atau madu sebagai pemanis.

4. Sup sayuran

Sup sayuran adalah makanan yang mudah dan sehat. Gunakan bahan-bahan seperti wortel, bawang, buncis dan kentang, lalu rebus dengan kaldu ayam atau sayuran.

5. Telur dadar

Telur dadar mudah dibuat dan mengandung banyak protein. Campurkan telur dengan sayuran seperti paprika, bawang, dan bayam untuk memberikan variasi dan lebih banyak nutrisi.

6. Sandwich sehat

Dengan menggunakan roti gandum atau roti tawar yang rendah kalori, tambahkan sayuran segar seperti selada, tomat, mentimun dan irisan daging ayam atau tuna yang direbus sebagai isian sandwich. Hindari menggunakan mayones berlebihan dan keju yang tinggi lemak.

7. Tahu dan tempe goreng

Tahu dan tempe adalah sumber protein nabati yang baik. Potong tahu dan tempe menjadi kecil-kecil, lalu goreng dengan sedikit minyak. Sajikan dengan saus sambal atau kecap.

8. Sup kacang hijau

Sup kacang hijau adalah makanan sehat yang rendah lemak dan kaya akan protein nabati. Rebus kacang hijau dengan kaldu sayuran, tambahkan sayuran seperti wortel dan buncis, dan beri sedikit garam dan merica sebagai bumbu.

9. Kentang panggang

Kentang panggang adalah makanan sehat dan mudah dibuat. Iris kentang menjadi bagian yang lebih kecil, lalu panggang di dalam oven dengan sedikit minyak zaitun dan bumbu pilihan seperti rosemary atau thyme. Sajikan dengan salad atau sayuran panggang.

10. Tumis sayuran

Tumis sayuran seperti wortel, brokoli, jagung manis, dan kacang polong dengan sedikit minyak zaitun dan bumbu pilihan. Tambahkan sedikit air atau kaldu sayuran untuk memberikan rasa yang pas. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version