Resep Ayam Goreng Kalasan yang Meresap Sampai ke Tulang-Tulang

TERSAJI: Ayam Goreng Kalasan. (Instagram @moana_rendra/Lingkar.news)

TERSAJI: Ayam Goreng Kalasan. (Instagram @moana_rendra/Lingkar.news)

Lingkar.news – Siapa yang tidak tahu ayam goreng kalasan, hampir semua daerah di penjuru negeri ini dapat dengan mudah menemukan menu masakan satu ini.

Sesuai dengan namanya, ayam goreng kalasan berasal dari daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Namun, bukan karena daerahnya saja masakan ini dikenal. Melainkan cita rasa gurih perpaduan bermacam-macam rempah yang meresap ke dalam tekstur ayam.

Bahkan kelezatan ayam goreng kalasan yang empuk di dalam dan renyah di luar ini bisa masuk hingga ke tulang-tulangnya.

Hidangan ini tentunya cocok untuk dimakan kapanpun, terutama menu makan siang. Sehingga resep @erna_edukasi yang dibagikan berikut ini sangat direkomendasikan bagi ibu rumah tangga dan lainnya.

Bahan-Bahan

Bumbu Halus

Cara Membuat

  1. Masukkan ayam ke dalam panci presto beserta bumbu halus, daun salam, lengkuas, garam, gula merah, air asam, dan air kelapa, kemudian aduk hingga merata.
  2. Masak ayam selama 20 menit. Jika sudah matikan api dan diamkan sebentar.
  3. Pindah katup ketanda uap panci presto agar uangnya bisa keluarkan. Tunggu sampai uap tidak keluar lagi, lalu buka tutup panci.
  4. Panaskan minyak goreng
  5. Goreng ayam hingga kecoklatan
  6. Angkat kemudian tiriskan minyak goreng yang masih menempel

Ayam goreng kalasan sangat pas disantap dengan tambahan sambal ulek dan lalapan serta nasi panas. Atau menyesuaikan dengan selera, ayam goreng kalasan juga makin lezat dimakan dengan taburan bawang goreng, tahu tempe, dan lauk pendamping lainnya. (Lingkar Network | Sekar – Lingkar.news)

Exit mobile version