Mengenal Sosok Nova Cantika Mawatina, Duta Genre Kabupaten Kudus 2022

Nova Cantika Mawatina (Dok. Pribadi Nova Cantika Mawatina/ Lingkar.news)

Nova Cantika Mawatina (Dok. Pribadi Nova Cantika Mawatina/ Lingkar.news)

Lingkar.news – Layaknya perjuangan dalam menggapai impian, terkadang kamu harus mau keluar dari zona nyaman. Seperti Nova Cantika Mawatina, gadis kelahiran 28 November 2022 ini merupakan seorang mahasiswi semester lima prodi pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus (UMK).

Nova sapaan akrab ini merupakan seorang Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Kudus tahun 2022. Ia menuturkan akan berkomitmen menjalankan tugasnya sebagai duta genre.

Menjadi Duta Genre ia bisa terjun ke masyarakat untuk mensosialisasikan isu-isu kesehatan bagi para remaja.Di antaranya yakni seperti mengampanyekan isu-isu kesehatan remaja seperti mencegah pernikahan dini, mencegah HIV/AIDS dan mencegah narkoba.

Menurut Nova, menjadi Duta Genre itu bukan hanya mencari selempang tetapi juga menumbuhkan kesadaran bahwa remaja juga bisa aktif dalam menumbuhkan rasa kepedulian. Ia juga menyusun program dan merealisasikan ide-ide seperti memberikan edukasi kesehatan remaja di sekolah-sekolah.

Adapun hal yang memotivasi gadis 19 tahun ini ikut dalam ajang Duta Genre karena berkeinginan untuk keluar dari zona nyaman. Ia juga menuturkan bahwa dulunya seorang pemalu, namun ada dorongan kuat dalam diri serta dukungan dari lingkungan yang supportif, yang mampu membuatnya kekeh belajar untuk bisa percaya diri tampil di depan banyak orang.

Awalnya ia sempat ada ketakutan untuk mendaftar ajang Duta Genre karena masih pesimis sama skill-nya yang ia rasa masih ragu tidak bisa public speaking, tidak bisa tampil, namun ia mencoba memberanikan diri dan beranggapan bahwa temen-temen yang lain banyak yang masih belajar sepertinya. Dengan kegigihannya itu, ia bisa menjadi Duta Genre.

Selain sibuk menjadi Duta Genre, gadis yang dikenal sebagai sosok ceria dan suka mencoba hal-hal baru ini juga aktif mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Broadcasting serta menjadi tutor bimbingan belajar bahasa inggris.

Nova mengungkapkan bahwa ia senang belajar dari berbagai lingkungan dan dari siapa pun. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version