Bermodal Ratusan Ribu, Kini Alfiya Ilfa Miliki Brand Hijab Sendiri

Alfiya Ilfa (Dok. Pribadi Alfiya Ilfa/Lingkar.news)

Alfiya Ilfa (Dok. Pribadi Alfiya Ilfa/Lingkar.news)

Lingkar.news – Alfiya Ilfa merupakan perempuan yang cukup berbakat di bidang wirausaha atau entrepreneur. Dirinya telah merintis usaha secara mandiri mulai dari nol. Gadis yang akrab disapa Fiya itu memulai bisnis lokal brand hijab pada tahun 2019 lalu. Saat awal merintis usaha, dirinya berjualan sambil tetap kuliah.

“Awalnya iseng kepikiran buat jualan karena aku sering beli jilbab. Dulu bener-bener aku pake uang saku buat belanja hijab dengan merk tertentu yang pada saat itu laris banget di pasaran,” kenangnya.

Lulusan Jurusan Hukum Keluarga Islam IAIN Kudus pada tahun 2021 itu mengaku, modal awal yang dipakainya yakni hanya Rp 280 ribu. Jumlah jilbab yang dijualnya di awal merintis usaha sebanyak 20 buah.

“Saat awal itu Allah bener-bener memudahkan semuanya. Aku yang mulai usaha dari nol dengan hanya 20 hijab, lama kelamaan semakin punya banyak peminat. Mulai naik sekotak, dua kotak, sekarung hingga sampai sekarang aku bisa produksi hijab dengan brand aku sendiri yaitu Afa Scarf,” ceritanya.

Perempuan kelahiran Kudus, 27 Februari 1999 itu mengisahkan banyak suka duka selama berdagang. Apalagi, kata dia, banyak orang yang juga berjualan hijab dengan kualitas yang berbeda-beda dan persaingan harga yang sangat ketat.

“Kadang juga daganganku tidak selalu ramai, jadi semua itu berproses, tidak bisa instan. Jadi dinikmatin aja pasti ada pelajaran yang berharga,” ungkapnya.

Fiya menuturkan, dalam berdagang, yang harus dipersiapkan adalah mindset dari awal merintis usaha. Menurutnya, entrepreneur itu harus punya jiwa pantang menyerah dan jangan takut gagal.

“Jangan pernah menyerah, jangan takut gagal, dan harus berani mengambil risiko. Ketika kamu sudah punya tekad pasti ada jalan, kuncinya fokus, kamu harus berani memilih,” ucapnya.

Sementara untuk dukungan orang terdekat, ia mengaku selalu didukung oleh orang-orang di sekitarnya. Mulai dari keluarga hingga teman-temannya.

“Mereka selalu support apa pun yang aku lakukan, kadang vibes yang baik pasti akan jadi positif ke kita,” sebutnya.

Saat ini, Fiya mengaku sudah memiliki 23 jenis hijab dengan berbagai model yang selalu laris manis di pasaran. Di antaranya seperti hijab instan, square, pashmina, bergo, rok, bandana, dan inner hijab.

“Pengiriman produk hijabku bisa setiap hari dan bisa kirim ke seluruh Indonesia. Pembeli biasanya beli hijabnya via Shopee, Whatsapp, TikTok Shop dan homestore di Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kudus,” pungkasnya. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version