Volume Sampah di Kota Jayapura Capai 88.282 Ton Per Tahun

Kepala Seksi Pembersihan, Pengumpulan dan Pengangkutan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura Frengky Numberi. (Antara/Lingkar.news)

Kepala Seksi Pembersihan, Pengumpulan dan Pengangkutan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura Frengky Numberi. (Antara/Lingkar.news)

JAYAPURA, Lingkar.news Timbulan sampah atau volume sampah di Kota Jayapura, Papua mencapai 88.282 ton per tahun. Jumlah tersebut menurut Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kota setempat meningkat dari sebelumnya.

“Jika dilihat ke belakang jumlah ini terjadi peningkatan karena dipengaruhi oleh jumlah penduduk di Kota Jayapura yang terus meningkat,” kata Kepala Seksi Pembersihan, Pengumpulan dan Pengangkutan Sampah DLHK  Kota Jayapura Frengky Numberi di Jayapura, Jumat, 15 Maret 2024.

Menurut Numberi, masalah persampahan di Kota Jayapura akan mengalami peningkatan pada waktu tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan tahun baru.

“Untuk itu kami terus meminta supaya seluruh warga untuk membuang sampah sesuai jadwal yang ditentukan pada pukul 18.00 WIT hingga 05.00 WIT,” ujarnya.

Pembersihan sampah di jalan protokol oleh petugas kebersihan dilakukan sehari dua kali setiap pukul 05.00 WIT hingga pukul 09.00 WIT.

“Dan jumlah armada yang disiapkan sebanyak 71 unit meliputi 14 truk ambrol, 34 dump truck (truk jungkit), 14 pikup, dan sembilan motor roda tiga,” ucapnya. 

Saat ini, menurut Numberi, jumlah petugas kebersihan di Kota Jayapura sebanyak 841 yang tersebar di bidang penyapu jalan, pengemudi truk dan pembabatan dan bank sampah serta tempat pembuangan akhir.

“Kami mengapresiasi petugas kami di lapangan yang bekerja setiap waktu tanpa hari libur, sehingga kami harap masyarakat juga aktif dalam menangani sampah dengan baik jangan membuang sampah sembarangan, tetapi ikut waktu yang ditentukan,” tuturnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version