Tiga Provinsi di Papua Terdampak Kasus Polio Dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB)

Tiga Provinsi di Papua Terdampak Kasus Polio Dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB)

Kemenkes tegaskan perlunya tindakan kolektif untuk mengatasi dampak serius kasus polio di tiga Provinsi Papua. (Kemenkes-Lingkar.news)

PAPUA, Lingkar.news – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) memperingatkan adanya dampak serius kasus polio di tiga provinsi di Papua melingkupi Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. 

Pelaksana Harian (Plh) Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes RI Gertrudis Tandy, dalam konferensi di Jayapura, Selasa (14/5), menegaskan perlunya tindakan kolektif untuk mengatasi situasi ini.

“Kami melakukan sosialisasi Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk memperoleh komitmen bersama dalam memerangi virus polio yang menular ini,” ungkap Gertrudis.

Menurutnya, ketiga provinsi tersebut telah dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) dan membutuhkan tindakan segera.

“Kami mendorong penguatan imunisasi rutin di kalangan stakeholder dan lintas sektor untuk mencegah penularan virus polio,” tambahnya.

Imunisasi polio tahap pertama di wilayah Papua dijadwalkan pada 27 Mei dan akan berlangsung selama dua minggu. Gertrudis berharap semua pihak dapat bersatu dalam upaya imunisasi yang gencar ini.

“Target kami adalah menyelesaikan imunisasi polio pada Juli 2024. Semua harus bekerja sama dan berkomitmen untuk mencegah penyebaran virus polio di kalangan anak-anak Papua,” tegasnya.

Gertrudis juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan PIN, mereka menggunakan Vaksin nOPV2 yang telah mendapat sertifikasi Pre-Qualified (PQ) dari WHO serta Nomor Izin Edar dari BPOM. Vaksin ini diproduksi oleh PT. Biofarma.

“Vaksin nOPV2 hanya digunakan dalam respon imunisasi untuk penanggulangan KLB Polio tipe 2 dan tidak untuk imunisasi rutin. Sedangkan vaksin bOPV digunakan dalam program imunisasi rutin sejak 2016. Kedua vaksin ini memiliki izin resmi dari WHO dan BPOM,” pungkasnya. (Antara-Lingkar.news)

Exit mobile version