Banjir di Kokoda Utara Sorong Selatan, 3 Kampung Masih Terendam

BANJIR: Kondisi rumah warga di Kokoda Utara, Kabupaten Sorong Selatan, Papua barat Daya tampak digenangi banjir. (Antara/Lingkar.news)

BANJIR: Kondisi rumah warga di Kokoda Utara, Kabupaten Sorong Selatan, Papua barat Daya tampak digenangi banjir. (Antara/Lingkar.news)

TEMINABUAN, Lingkar.news Banjir masih melanda Distrik Kokoda Utara, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya hingga Rabu, 19 Juni 2024. Banjir yang terjadi pada 14 Juni itu setidaknya merendam tiga kampung  yakni Kampung Udagaga, Kayobiro dan Kampung Adona.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sorong Selatan segera menyalurkan makanan siap saji kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Distrik Kokoda Utara.

Kepala BPBD Sorong Selatan, Dominggus Sesa, mengatakan menyikapi bencana banjir tersebut, pihaknya akan memberikan bantuan makanan kepada warga yang terdampak banjir di Kokoda Utara.

“Menyikapi bencana banjir yang terjadi Distrik Kokoda Utara, kita menyiapkan sembako atau makanan siap saji. Itu yang pertama kita lakukan,” ungkapnya.

Ia mengatakan bencana banjir yang menimpa tiga kampung tersebut terjadi sejak 14 Juni lalu hingga sekarang.

“Sehubungan dengan itu, selain pemberian bantuan makanan, BPBD akan memberikan sosialisasi terkait evakuasi guna mengantisipasi terjadinya banjir susulan,” ujarnya.

Pihak BPBD juga melakukan berbagai langkah, khususnya sosialisasi pengamanan warga terdampak banjir.

“Akibat banjir tersebut, sekitar 330 unit rumah warga tergenang, sehingga warga mengungsi ke dusun-dusun terdekat untuk sementara waktu,” terangnya.

Dominggus mengatakan warga terdampak lebih memilih untuk mengungsi ke hutan dan dusun-dusun terdekat untuk mencari perlindungan dari banjir.

“Kita juga mengimbau kepada warga di daerah itu agar selalu waspada dan tidak memaksakan diri untuk kembali ke rumah,” ucapnya.

Sedangkan untuk meminimalkan munculnya penyakit pasca-bencana banjir, BPBD akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan pencegahan.

“Kami berharap kepada warga untuk mencari tempat yang aman, khususnya warga tiga kampung yang terdampak, mudah-mudahan banjir cepat surut agar warga bisa kembali ke rumah mereka, kami juga akan berkoordinasi dengan dinas, terutama Dinas Kesehatan terkait pencegahan berbagai penyakit,” pungkasnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version