Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menpan-RB-Tjahjo-Kumolo-Meninggal-Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo. (Istimewa/Lingkar.news)

JAKARTA, Lingkar.news – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB setelah dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta sejak pertengahan Juni 2022. Berita duka ini dikonfirmasi oleh Sekretaris Kementerian PANRB, Rini Widyantini.

“Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jenazah Tjahjo Kumolo akan dibawa dari RS Abdi Waluyo ke Rumah Dinas Widya Chandra untuk dimandikan dan disemayamkan.

Selanjutnya, jenazah Tjahjo Kumolo akan dibawa ke Masjid Quba Kementerian PAN-RB untuk disholatkan dirangkaikan dengan upacara persemayaman secara militer. Jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Umum (TMPNU) Kalibata.

Menurut politisi PDIP, Junimart Girsang menyebutkan bahwa Tjahjo Kumolo dirawat karena komplikasi organ dalam. Ia juga mengungkapkan bahwa PDIP sangat berduka atas wafatnya Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 1 Desember 1957 dan meninggal di usia 64 tahun. Ia merupakan politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019 pada Kabinet Indonesia Maju.

Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet kerja.

Selain itu, ia juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya.

Ia juga pernah dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDIP periode 2010 hingga 2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDIP.

Tjahjo Kumolo juga merupakan salah seorang politikus Indonesia, dan terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009 hingga 2014 dari PDIP dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR RI serta menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version