Kabar Gembira, Jembatan Juwana Siap Diujicobakan 1 April 2023

Kabar Gembira, Jembatan Juwana Siap Diujicobakan 1 April 2023

HAMPIR RAMPUNG: Proses pengerjaan Jembatan Juwana Kabupaten sudah masuk tahap pengaspalan - KHAIRUL MISHBAH/LINGKAR

PATI, LINGKAR.NEWS – PT Bukaka selaku pelaksana Proyek Jembatan Juwana, Kabupaten Pati melalui Construction Manager (CM) mengatakan jika jembatan Juwana siap diujicobakan pada tanggal 1 April 2023 ini. 

Berdasarkan hasil pantauan di lokasi proyek, Kamis (30/3), beberapa pekerja sedang membersihkan ujung jembatan sebelah barat untuk persiapan pengaspalan. Sedangkan pada sisi timur jembatan, bagian poros sudah rampung diaspal. 

Pihak kontraktor menerangkan, jembatan sepanjang 80 meter tersebut memang beberapa bulan ini dikebut pengerjaannya. Pasalnya, proyek pembangunan tersebut disinyalir menjadi biang kemacetan di sepanjang jalan Pantura Pati-Rembang. 

Construction Manager (CM) PT Bukaka Hernowo Indrajaya menjelaskan, selesai pengapalan, jembatan Juwana akan dilanjut pemasangan marka jalan dan penerangan jalan umum (PJU).

BERITA TERKAIT : Pj Bupati Pati Sampaikan Capaian Proyek Pembangunan Jembatan Juwana

“Kita akan lakukan pengaspalan saat ini, sambil pemasangan PJU, yang nantinya juga kita lanjut pemasangan marka jalan,” terangnya. 

Jembatan yang mengalami pelebaran menjadi 9 meter dari semula hanya selebar 7 meter ini, juga tengah dilakukan pengerjaan trotoar di sisi kanan dan kiri jembatan. Pihaknya optimis dapat open traffic pada 1 April nanti.

Hernowo menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satlantas dan Dishub Pati untuk pelaksanaan uji coba. Sebelum adanya uji coba, pihaknya meminta waktu untuk dilakukan uji Structural Health Monitoring System (SHMS) untuk memantau kondisi kesehatan struktur jembatan secara riil time.

“Untuk uji coba, kita koordinasi ke Satlantas sama Dishub. Dan sebelum itu kita juga akan ada pekerjaan SHMS. Jadi sebelum nanti diresmikan, kita ada waktu sehari untuk melakukan uji SHMS. Mungkin akan tutup sementara selama 6 jam saat pengetesan SHMS,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya mengaku belum mengetahui kapan jembatan akan diresmikan. Namun begitu, tim dari PT Bukaka akan terus menggenjot penyelesaian jembatan agar target selesai di 1 April 2023 dapat terpenuhi. (KHAIRUL MISHBAH-KORAN LINGKAR)

Exit mobile version