Hari Raya Waisak, Menag Yaqut Ajak Umat Budha Perkuat Moderasi Beragama

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas saat mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2566 BE tahun 2022. (Kemenag RI/Lingkar.news)

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas saat mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2566 BE tahun 2022. (Kemenag RI/Lingkar.news)

JAKARTA, Lingkar.news – Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Budha untuk memperkuat moderasi beragama dalam memperingati Tri Suci Waisak yang jatuh pada Senin (16/05).

Dalam kesempatan yang sama, Menag Yaqut juga mengucapkan selamat memperingati hari Tri Suci Waisak 2566 tahun Buddhis kepada seluruh umat Budha Indonesia.

“Mari terus perkuat moderasi beragama dan rekatkan tali persaudaraan antar sesama,” ujar Gus Yaqut sapaan akrabnya dalam video rilis pada Minggu (15/05).

Menag Yaqut mengatakan hal tersebut sebagaimana diajarkan juga dalam kitab suci Dhammapada syair 194, bahwa kelahiran para Budha merupakan sebab kebahagiaan, pembabaran pacaran benar merupakan sebab kebahagiaan, persatuan merupakan sebab kebahagiaan dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan.

Kekerasan terhadap Jurnalis, IJTI Ingatkan Ancaman Kemerdekaan Pers di Dunia

Tri Suci Waisak sendiri, kata Yaqut, senantiasa mengingatkan umat Budha pada tiga peristiwa penting yaitu lahirnya Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai penerangan Agung dan menjadi Budha, serta Buddha Gautama Parinibbana.

“Pangeran Siddharta telah mengajarkan umat Budha tentang Majjhima Patipada, ajaran tentang pentingnya praktik kehidupan beragama yang berprinsip jalan tengah atau moderat. Prinsip ini sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan kedamaian,” tambahnya.

Menurutnya, seluruh umat Budha Indonesia mempunyai tanggung jawab yang sama untuk ikut membangun masyarakat yang rukun, damai dan sejahtera. Hal itu bisa dilakukan dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version