Sukseskan KTT G20, Kominfo Tingkatkan Kualitas Jaringan Telekomunikasi

Sukseskan KTT G20, Kominfo Tingkatkan Kualitas Jaringan Telekomunikasi

Suasana rapat koordinasi penyelenggaraan KTT G20 di Hotel Apurva Kempinski, Bali. (Istimewa/Lingkar.news)

JAKARTA, Lingkar.news – Kementerian Komunikasi dan Informatika meningkatkan kualitas jaringan telekomunikasi dengan memberikan jaringan cadangan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang dihelat di Bali pada bulan November mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat rapat koordinasi penyelenggaraan KTT G20 di Bali, dalam siaran pers yang diterima Rabu, 5 Oktober 2022.

“Untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan KTT G20 di Bali, Kominfo mendukung infrastruktur telekomunikasi melalui peningkatan kecepatan internet seluler 4G, fasilitasi perluasan jaringan 5G, penataan kabel udara, serta penyiapan jaringan backup,” tuturnya.

Kementerian menyatakan bahwa, operator seluler BUMN Telkomsel menyiapkan kecepatan unduh 4G mencapai 100MBps untuk beberapa wilayah di Bali, sekitar empat kali lebih cepat dibandingkan kecepatan unduh rata-rata nasional.

Untuk kecepatan unduh 5G, Telkomsel mencapai 180-200MBps pada spektrum yang ada saat ini dan 500MBps untuk spektrum milimeterwave 26GHz yang sedang diuji coba.

Telko Group menyediakan 24 menara base transceiver station (BTS) 5G untuk memberikan pengalaman menggunakan jaringan radio generasi terbaru itu di kawasan Nusa Dua bali, seperti Apurva Kempinski dan Bali Nusa Dua Convention Center. Pengalaman 5G juga akan bisa dirasakan di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika juga terus berkoordinasi dengan para operator seluler untuk mempertahankan stabilitas kecepatan unduh serta menjaga kualitas layanan agar tetap optimal saat KTT G20 berlangsung,” kata Johnny.

Untuk menjamin kualitas layanan, penyedia layanan menata kabel udara untuk rute pintu keluar tol Nusa Dua sampai Hotel Apurva Kempinski sepanjang 6,67 kilometer. Penataan itu sudah selesai pada 19 September 2022.

Kementerian Kominfo dan penyelenggara telekomunikasi juga menyiapkan jaringan cadangan (backup network) untuk mengantisipasi gangguan konektivitas selama penyelenggaraan KTT G20.

Kominfo dan mitra operator telekomunikasi menyiapkan jaringan cadangan serat optik melalui lima Sistem Komunikasi Kabel Laut yang terhubung dengan Bali, yaitu SKKL Bali-Surabaya, SKKL Bali-Manado, SKKL Jember-Denpasar, SKKL IRU Muncar-Negara, SKKL Bali-Lombok dan SKKL Denpasar-Mataram. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version