Penetapan Idul Fitri 1444 H, LF PBNU Minta Masyarakat Tunggu Ikhbar Kamis Besok

Penetapan Idul Fitri 1444 H, LF PBNU Minta Masyarakat Tunggu Ikhbar Kamis Besok

ILUSTRASI: Pemantauan hilal Idul Fitri 1444 Hijriah. (Istimewa/Lingkar.news)

Lingkar.news – Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) meminta masyarakat menunggu ikhbar untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Berdasarkan Surat Edaran LF PBNU Nomor: 020/LF-PBNU/IV/2023 tentang Ikhbar Idul Fitri 1444 H, LF PBNU menegaskan bahwa mengenai waktu Idul Fitri 1444 Hijriah akan dijawab pada ikhbar yang disampaikan oleh PBNU pada Kamis, 20 April 2023 pukul 19.00 WIB.

Diterbitkannya Surat Edaran tersebut, untuk menjawab pertanyaan mengenai perbedaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah antara pemerintah dengan yang telah diumumkan oleh Muhammadiyah.

“Pertanyaan terkait kapan Idul Fitri 1444 H agar dapat dijawab, menunggu ikhbar PBNU yang akan dilaksanakan pada Kamis Legi 20 April 2023 M, sekitar pukul 19.00 WIB,” demikian bunyi Surat Edaran LF PBNU tersebut, yang dilansir pada Selasa, 18 April 2023.

Dalam Surat Edaran tersebut juga ditegaskan bahwa ikhbar hanya disampaikan oleh PBNU dan telah menjadi hak PBNU sejak tahun 2007.

“Ikhbar Idul Fitri 1 Syawal 1444 H adalah hak PBNU, sebagai konsensus para pihak (PBNU dan PWNU terkait) yang telah berjalan sejak 1428 H/2007 M,” tulis dalam surat tersebut.

LF PBNU juga menekankan agar tidak ada informasi atau ikhbar tentang Hari Raya Idul Fitri 1444 H yang mengatasnamakan NU selain dari ikhbar yang disampaikan PBNU.

Sehingga Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), maupun Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) harus merujuk pada ikhbar yang disampaikan PBNU.

“PWNU/PCNU atau pihak lain yang mengatasnamakan NU tidak diperkenankan melakukan ikhbar. PWNU/PCNU, khususnya yang telah memiliki Lembaga Falakiyah, diperkenankan menyampaikan data falakiyah (data hisab) dengan markaz masing-masing kepada masyarakat tanpa menyertakan perihal ikhbar,” demikian pernyataan LF PBNU dalam surat tersebut. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Surat Edaran Lembaga Falakiyah PBNU tentang Ikhbar Idul Fitri 1444 Hijriah.
Exit mobile version