Evaluasi Banjir Solo, BBWSBS Sebut Kapasitas Pompa Air Tidak Maksimal

Evaluasi-Banjir-Solo,-BBWSBS-Sebut-Kapasitas-Pompa-Air-Tidak-Maksimal

TERGENANG: Warga duduk di atas gapura kampung saat banjir di Kampung Joyotakan, Solo, Jawa Tengah, baru-baru ini. (Istimewa/Lingkar.news)

SOLO, Lingkar.news Balai Besar Kawasan Sungai (BBWS) Bengawan Solo melakukan evaluasi terhadap terjadinya banjir di Solo dan sekitarnya beberapa waktu lalu, salah satunya akibat minimnya kapasitas pompa.

“Kemarin hujan reda tidak berhenti, kapasitas pompa tidak bisa mengimbangi,” kata Kepala BBWS Bengawan Solo, Maryadi Utama di Solo, pada Selasa, 28 Februari 2023.

Terkait hal itu, pihaknya sudah melakukan evaluasi dengan menambah beberapa stasiun pompa dengan kapasitas rata-rata 500 liter/detik pada masing-masing pompa.

Ia mengatakan, peningkatan kapasitas pompa dilakukan di beberapa titik seperti pompa Kedung Kopi, Demangan 2, Jebres 1, dan Jebres 2.

Atasi Banjir di Solo, Gibran akan Tertibkan Kawasan Bantaran Sungai Bengawan Solo

“Dan kita tambah lagi dua unit mobil pompa yang juga akan datang, mudah-mudahan ini menjadi antisipasi ke depan. Banjir ini yang terbesar setelah 16 tahun,” ujarnya.

Adapun untuk jangka pendek, BBWS akan membuat klep di pinggir Sungai Premulung .

“Dalam jangka pendek kita akan buatkan pintu klep di sisi (swalayan) Mitra 10 (Sungai Premulung ), itu juga bisa selesai. Kebetulan dananya ada dan kita perbaiki beberapa pintu, kemarin juga ada kebocoran katup,” katanya.

Sedimentasi Bengawan Solo Dikategorikan Sangat Berat, Pakar Sarankan Panen Air Hujan

Ia berharap dengan adanya evaluasi ke depan jika terjadi banjir tidak separah beberapa pekan lalu.

“Selain itu, kami juga akan membuat tembok pembatas. Langkah-langkah yang kami lakukan sudah kami petakan titik-titiknya, salah satunya di Joyontakan. Kita akan bangun tembok pembatas sepanjang 250 meter,” ujarnya.

Terkait hal itu, pihaknya juga telah mengajukan anggaran sebesar Rp 50 miliar untuk mengatasi banjir di Kota Solo dan sekitarnya. Diharapkan pekerjaan tersebut dapat terlaksana selesai tahun 2023 ini. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

Exit mobile version