BPPOM Yogyakarta Imbau Awasi Penjualan Chiki Ngebul di Sekolah

BPPOM Yogyakarta Imbau Awasi Penjualan Chiki Ngebul di Sekolah

Ilustrasi makanan ringan bernama Chiki Ngebul. (Instagram @arrylistyorini/Lingkar.news)

YOGYAKARTA, Lingkar.news Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta meminta sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta mengawasi potensi penjualan jajanan anak mengandung nitrogen cair yang berbahaya untuk dikonsumsi.

“Sekolah kami minta melakukan pengawasan, kemudian juga berbagai tempat keramaian karena biasanya di jual di situ,” kata Kepala BBPOM Yogyakarta Trikoranti Mustikawati, pada Selasa, 17 Januari 2023.

Menurut Trikoranti, nitrogen cair yang salah satunya ditemukan pada jajanan anak-anak “chiki ngebul” atau dikenal dengan sebutan cikbul berpotensi menimbulkan keracunan pada konsumen.

Sebab, liquid N2 atau nitrogen cair seharusnya hanya digunakan sebagai bahan penolong pendingin atau pembeku, akan tetapi berbahaya apabila tertelan sehingga seharusnya ada proses menghilangkan zat tersebut.

“Jangan sampai nitrogen cair itu akhirnya kemakan ya, karena akan memengaruhi seperti sesak napas, pusing, mual, muntah, bahkan juga bisa menyebabkan hilang kesadaran,” jelasnya.

Ia mengatakan, chiki ngebul termasuk penganan siap saji ekstrudat atau dibuat melalui proses ekstrusi dari bahan baku tepung dan sudah ada izin edarnya.

Akan tetapi bermasalah dalam penyajiannya, karena kemudian ditambahkan nitrogen cair dengan cara dituangkan maupun dicelup.

Berdasarkan hasil pengawasan BBPOM Yogyakarta, Trikoranti mencatat dua penjual chiki ngebul di dua lokasi di DIY dan telah diberikan pembinaan.

Meski ia mengklaim hingga kini belum ada kasus keracunan akibat makanan chiki ngebul di DIY, menurut dia, pengawasan tersebut dilakukan merespon beberapa temuan di provinsi lain.

“Sebenarnya dari Yogyakarta tidak ada (korban keracunan), tapi ini laporan dari beberapa provinsi di Indonesia,” kata Trikoranti yang enggan menyebut lokasi penjualan tersebut.

Setelah melakukan pembinaan dengan menjelaskan potensi bahayanya, BBPOM Yogyakarta meminta keduanya tidak berjualan dulu sampai nanti ada kajian dari Kemenkes dan BPOM.

Ia berharap setelah informasi bahaya penggunaan nitrogen cair pada makanan meluas, para penjual chiki ngebul di DIY berkurang atau bahkan berhenti berjualan dengan sendirinya.

“Bukan hanya berbahaya untuk konsumen tapi sebetulnya juga untuk keselamatan diri (penjual) sendiri dan lingkungan tempat usahanya,” tutupnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version